https://www.bacotan-wibu.com/2020/11/anime-yatogame-chan-season-3-umumkan-tanggal-rilis.html

Melalui Situs resmi season ketiga dari Anime 'Yatogame-chan Kansatsu Nikki Season 3' (Yatogame-chan Observation Diary) karya Masaki Ando's mengumumkan pada hari Selasa bahwa animenya akan tayang perdana pada 10 Januari. Musim baru akan ditayangkan selama satu cours (seperempat tahun). Musim kedua akan mulai disiarkan ulang pada 13 Desember.

Season ketiga dari anime Yatogame-chan Kansatsu Nikki akan kembali memiliki staff yang sama pada musim-musim sebelumnya, Dan lagu tema untuk musim ketiga ini akan dibawakan oleh Taiki (Taiki Yamazaki) dengan lagu tema musim baru.

Adapun pemeran baru pada musim ketiga anime Yatogame-chan yakni Maria Naganawa sebagai Serura Dobe, Junji Majima sebagai Masahide Tsuji. Musim pertama anime ini ditayangkan perdana pada bulan April 2019.Musim kedua, berjudul Yatogame-chan Kansatsu Nikki 2 Satsume, tayang perdana pada tanggal 5 Januari, dan juga ditayangkan sebanyak 12 episode. 

Ichijinsha's Monthly Comic Rex, Merupakan majalah yang menerbitkan manga dari anime ini, volume kesembilan Yatagome-chan dikirimkan pada 27 Oktober. karakter judul manga itu juga ditunjuk sebagai Pariwisata Nagoya Pertukaran Budaya Misi Duta Maret 2017.

Manga tersebut juga menginspirasi drama panggung yang seharusnya ditayangkan di Nagoya pada Juli, tetapi ditunda karena penyakit virus corona baru (COVID-19).

Sinopsis dari anime ini sendiri menceritakan tentang :
Setelah tumbuh besar di Tokyo, siswa sekolah menengah Jin Kaito yang pindah ke Nagoya di mana dia bertemu dengan Yatogame Monaka, sesama siswa yang menggunakan dialek Nagoya secara penuh. Dengan penampilannya yang seperti kucing dan dialek Nagoya yang tidak dipernis, Yatogame tidak akan terbuka sama sekali padanya. Komedi lokal populer ini meningkatkan status Nagoya melalui observasi terhadap Yatogame-chan yang menggemaskan!.

Sumber: ANN, Situs Web Yatogame-chan Kansatsu Nikki Season 3.