Discord adalah VoIP  perpesanan instan dan platform distribusi digital yang dirancang untuk menciptakan komunitas. Pengguna dapat berkomunikasi dengan panggilan suara, panggilan video, pesan teks, media dan file dalam obrolan pribadi atau sebagai bagian dari komunitas disebut "server." Server adalah kumpulan ruang obrolan tetap dan saluran obrolan suara. Discord berjalan di Windows, macOS, Android, iOS, Linux, dan dalam peramban web. 

Kelebihan aplikasi discord sendiri bukan hanya itu saja, karena di discord kita juga dapat mendengarkan musik, bermain game, streaming, dan menjalankan robot (bot) dengan berbagai kegunaan. Nah salah satu fitur kelebihan dari discord lainnya adalah kita dapat memasang webhook.

Apa itu Webhook

Webhook secara umum disebut sebagai panggilan kembali atau callback HTTP untuk meneruskan informasi dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Informasi yang disediakan webhook biasanya realtime ketika sebuah sistem membutuhkannya.

Seperti pada judulnya Cara Setting Webhook Discord ke Github, saya akan berbagi bagaimana caranya menghubungkan channel discord ke github. Jadi pada saat terjadi perubahan di salah satu repository baik itu push, atau yang lain.

Maka pesan ini juga akan di terima di channel discord, dengan bantuan webhook itu sendiri, apabila kalian seorang developer/programmer atau semacamnya, sepertinya sangat cocok untuk menerapkan metode ini ke channel di discord server kalian.

Berikut Adalah Cara Setting Webhook Discord ke Github
Cara ini agar kalian tidak perlu lagi melakukan semacam ping ke member, ataupun juga membuat laporan informasi. Yuk simak caranya berikut ini.

Yang pertama perlu kalian lakukan adalah membuka discord.com/channels/@me apabila kalian merupakan pengguna android, kalian bisa mengaksesnya dengan mode dekstop karena setting webhook ini hanya terdapat di versi desktop.

Jika sudah, maka kalian bisa membuat channel yang ingin menjadi log atau channel yang akan menerima pesan dari webhook kalian, sebagai contoh disini saya membuat channel #dev-log.

Jika sudah, kalian bisa tekan channel nya lalu kalian tekan tombol setting > integrations. Lalu silahkan kalian add Webhook kalian, jika sudah kalian bisa tekan Copy Webhook.

Selanjutnya, kalian tinggal login ke akun github kalian lalu pilih repository mana yang ingin di hubungkan dengan channel discord kalian. Sebagai contoh saya akan menghubungkan repo Stress dengan channel #dev-log.

Lalu kalian masuk ke setting repo github kalian, tekan webhook lalu New Webhook dan silahkan pastekan url webhok yang sudah di copy tadi.

Disini kalian perlu ingat, tambahkan /github pada bagian paling belakang url kalian jadinya kurang lebih seperti ini :

https://discord.com/api/webhooks/blablablabla/blablablabla/github

Dan untuk Content Type nya silahkan kalian pilih application/json. Dan untuk trigger nya kalian bisa pilih sendiri, send me everything, atau saat push doang atau custom. Jika sudah maka akan centang seperti di bawah ini.

Dan untuk preview nya sendiri akan terlihat seperti di bawah ini, pesan ini akan otomatis saat kalian melakukan sebuah perubahan di repository github.

Dan begitulah caranya menghubungkan discord dengan github melalui webhook, sebenarnya masih banyak kegunaannya seperti menghubungkannya dengan aplikasi lain. Namun saya rasa tidak akan cukup apabila di bahas dengan satu artikel saja.