Hunter x Hunter Manga Will Go Back on Hiatus
Gabungan edisi keempat dan kelima tahun 2023 dari majalah Weekly Shonen Jump Shueisha mengungkapkan pada hari Senin bahwa manga Hunter X Hunter karya Yoshihiro Togashi akan hiatus mulai dari edisi majalah berikutnya, setelah mempertimbangkan kesehatan Togashi.

Dalam sebuah surat yang diterbitkan dalam edisi tersebut, departemen editorial Weekly Shonen Jump mengatakan bahwa mereka berkonsultasi dengan Togashi, dan memutuskan bahwa manga tersebut tidak boleh mengikuti format serial mingguan ke depannya. Departemen editorial menambahkan bahwa setelah mengetahui detail konkret tentang kembalinya manga dan bagaimana manga akan diserialisasikan ke depannya, mereka akan mengungkapkan detailnya di majalah.

Manga ini kembali setelah hampir empat tahun absen dalam edisi ke-47 majalah tahun 2022, yang dikirimkan pada tanggal 24 Oktober. Manga ini telah hiatus sejak November 2018.

Shueisha menerbitkan volume buku kompilasi ke-37 manga ini, volume pertama manga ini setelah empat tahun, pada tanggal 4 November. Viz Media merilis volume ke-36 di Amerika Utara pada bulan Agustus 2019.

Togashi meluncurkan manga ini di majalah Weekly Shonen Jump Shueisha pada tahun 1998. Manga ini menginspirasi dua serial anime televisi, dua film anime, dan beberapa judul anime video orisinal.

Adaptasi anime televisi kedua manga ini ditayangkan perdana di Jepang pada tahun 2011 dan berlangsung selama 148 episode. Episode terakhir ditayangkan perdana pada tahun 2014.

Crunchyroll melakukan streaming serial ini saat ditayangkan di Jepang. Serial ini menceritakan kembali kisah manga asli Togashi dari awal. Kisahnya mengikuti Gon Freecs saat ia berusaha untuk menjadi seorang Hunter untuk menemukan ayahnya dan untuk menemukan alasan mengapa ayahnya meninggalkannya saat masih bayi untuk menjadi seorang Hunter.

Manga ini akan mendapatkan adaptasi drama panggung pada bulan Mei 2023.

Sumber: Weekly Shonen Jump edisi 4/5