Pengertian Dan Penggunaan Kata Ara - Ara Dalam Bahasa Jepang

Arti Kata Ara - Ara Dalam Bahasa Jepang
Di indonesia bahasa jepang sangat banyak peminatnya. Mungkin saja ada jutaan orang yang menyukai Bahasa Jepang. Hal ini karena di pengaruhi oleh Manga dan Anime Jepang yang sangat di gemari di Indonesia. Terdapat ratusan jenis manga dan anime yang disukai orang indonesia. Secara tidak langsung, kegemaran terhadap manga dan anime ini yang membuat mereka menyukai bahasa Jepang.

Sama halnya di Indonesia, di jepang juga terdapat beberapa istilah kata trend (gaul) yang sering muncul. Istilah kata ini bahkan sampai di Luar Negeri, hal ini jelas karena di pengaruhi oleh Anime dan Manga Jepang yang sudah mendunia.
Beberapa kata Jepang yang pernah viral adalah kimochi, yamete kudasai, dan ara-ara. Dalam tulisan ini kita akan fokus membahasa tentang kata ara ara tersebut.

Bagi penggiat media sosial, tentu tahu bahwa ara ara pernah viral dan tentu saja mereka akan mencari tahu. Sedangkan bagi pecinta anime dan manga, sudah pasti kata ara ara sudah tidak asing lagi.

Ara ara pernah viral dan tentu saja mereka akan mencari tahu. Sedangkan bagi pecinta anime dan manga, sudah pasti kata ara ara sudah tidak asing lagi.

Ara ara dalam bahasa Jepang merupakan kata ekspresi atau ungkapanArti ara ara antara lain; ya ampun, oh, ah, owalah, oh astaga, wah, dan wow. Artinya ara ara tidak berupa kata kerja, kata benda, atau pun kata hubung. Hanya bermakna kata ungkapan ekspresi yang bisa berupa banyak jenis kata.

Sejumlah sumber mengatakan bahwa arti dari ara ara sangat bergantung pada siapa yang mengatakan dan tidak lepas dari kondisi apa yang terjadi saat itu. Terkadang ara ara digunakan untuk ekspresi terkejut dan kaget. Terkadang juga di kondisi lain bisa digunakan untuk ekspresi cemas dan gelisah, dan terkadang menunjukkan ekspresi tertarik terhadap suatu hal.

Kebanyakan Pengguna kata Ara Ara ini adalah Perempuan, karena pada awalnya kata ara ara viral diucapkan oleh banyak tokoh anime perempuan mengucapkannya dengan nada genit, manja, dan menggoda. Sehingga sampai saat ini, kata Ara Ara hanya cocok di ucapkan perempuan.

Adapun beberapa Ekspresi yang bisa menggambarkan kata Ara Ara ini.

Ekspresi Terkejut

Pengertian Dan Penggunaan Kata Ara - Ara Dalam Bahasa Jepang

Terkejutan yang dimaksud disini bisa berupa kejutan yang menyenangkan maupun tidak menyenangkan, Contoh: "Ara Ara Terima Kasih Atas Kejutan Ulang Tahun Yang Kamu Berikan"

Ekspresi Nakal

Pengertian Dan Penggunaan Kata Ara - Ara Dalam Bahasa Jepang

Dalam Bahasa Indonesia, Kita biasanya menggunakan Kata "Hayooo" Saat melihat kenakalan kecil, Nah kata ara ara juga bisa digunakan untuk mengucapkan ekspresi itu.

Asal Usul Istilah Kata Ara Ara

Sebenarnya kata ara ara ini bukanlah kata yang baru. Pada tahun 1200-an masyarakat Jepang sudah menggunakan kata ini. Tetapi mungkin makna kata ara ara saat ini berbeda dengan kata ara ara di tahun 1200-an karena seperti kita ketahui bahwa bahasa terus berubah dan berkembang.

Kata ara ara muncul lagi ke permukaan karena sering di angkat di serial anime Jepang. beberapa serial anime sejak tahun 2000. Salah satunya adalah seri Love Hina dengan karakter perempuan bernama Mutsumi Otohime.

Kemudian muncul kembali di beberapa serial manga dan anime pada tahun 2008. Tetapi pada saat itu tidak seviral sekarang. Mungkin karena pada saat itu media sosial tidak secanggih sekarang.

Karakter dan Hataraku Saibou juga pernah menyebarkan lebih lanjut ekspresi ara ara ini. Karakter pria yang sering mengucapkan >ara ara salah satunya adalah Kei Tsukishima dari seri anime ‘Haikyuu’. Karakter ini terkenal dengan kalimat“Ara Ara Gomen”.

Hingga saat ini semakin banyak karakter manga dan anime yang sering mengekspresikan kata ara ara.

Contoh Penggunaan Kata Ara Ara

Pengertian Dan Penggunaan Kata Ara - Ara Dalam Bahasa Jepang

Di media sosial, ara ara dipakai untuk menanggapi postingan atau komentar yang mengejutkan atau tertarik pada suatu postingan. Terdapat lebih dari satu kalimat yang umumnya menggunakan kata ara-ara. Berikut adalah contoh penggunaannya.

Ara ara gomen artinya oalah, aduh, maaf.
Ara ara ma ma artinya wah, ya ampun.
Ara ara kimochi artinya wah, enaknya.
Ara ara onii chan artinya aduh kakak.
Ara ara sayonara artinya wah, selamat tinggal.
Ara ara o kawaii koto artinya ya ampun imutnya

Kesimpulan

Nah itulah arti kata ara ara dan penggunaannya, istilah kata ini juga populer di indonesia. Terutama pada saat ada event event jejepangan, pasti kebanyakan orang akan menggunakan kata ara ara apabila bertemu dengan cosplayer anime.