Sebuah pembacaan panggung dalam franchise Magical Girl Raising Project mengumumkan pada hari Minggu bahwa sebuah adaptasi anime dari volume light novel Magical Girl Raising Project Restart karya Asari Endō telah mendapatkan lampu hijau. Hiroyuki Hashimoto melaporkan di Twitter bahwa ia akan kembali dari anime Magical Girl Raising Project pertama sebagai sutradara. Akun Twitter waralaba ini juga menggoda bahwa berbagai inisiatif sedang dikerjakan untuk "Project restart."

Seri novel ringan Mahō Shōjo Ikusei Keikaku karya Asari Endō berlatar belakang dunia di mana sebuah permainan sosial yang disebut The Magical Girl Raising Project memungkinkan satu dari puluhan ribu orang untuk menjadi "gadis ajaib" - memiliki kemampuan fisik dan penampilan yang luar biasa, serta kekuatan magis khusus yang membedakannya dari umat manusia. Namun suatu hari, di sebuah distrik yang berisi 16 gadis ajaib, pemerintah mengumumkan bahwa mereka harus mengurangi separuh jumlah gadis ajaib untuk menyelesaikan masalah energi magis. Pada awalnya, ke-16 gadis ajaib berlomba untuk mengumpulkan lebih banyak "permen ajaib" daripada pesaing mereka, tetapi peraturan dengan cepat menjadi bengkok, dan dengan cepat menjadi pertempuran mematikan untuk bertahan hidup di antara mereka.

Endō meluncurkan seri novel ringan asli melalui Kono Light Novel ga Sugoi! Bunko pada bulan Juni 2012, dan Takarajimasha menerbitkan volume ke-17 pada bulan April 2022. Volume novel ringan kedua dan ketiga, yang diterbitkan pada bulan November dan Desember 2012, mencakup arc "Restart". Yen Press mulai menerbitkan seri novel ini dalam bahasa Inggris pada bulan Juni 2017.

Nori-Senbei meluncurkan adaptasi manga dari arc "Restart" di majalah Monthly Comp Ace milik Kadokawa pada tahun 2016, dan Kadokawa menerbitkan satu volume pada bulan September 2016.

Anime Magical Girl Raising Project yang terdiri dari 12 episode tayang perdana di Jepang di saluran AT-X pada tanggal 1 Oktober 2016, dan Crunchyroll menayangkan serial ini secara streaming.

Hashimoto melaporkan pada bulan Desember 2016, seminggu setelah anime pertama berakhir, bahwa sekuelnya belum diputuskan saat itu.