Cara Setting DNS Browser Chrome Android


Kemungkinan besar, kamu mampir di artikel ini karena ingin tahu cara setting DNS di Android untuk membuka situs yang diblokir. Benar, Jangan Kuatir. Disini saya akan membahas secara lengkap, cara setting dns di android.

DNS adalah singkatan dari Domain Name System (Sistem Nama Domain). Ini adalah sistem yang digunakan untuk mengkonversi nama domain ke alamat IP dalam jaringan internet. Apabila kamu menggunakan DNS Bawaan dari provider, ada kemungkinan terdapat sistematika kontrol disana.

Sistem itu sendiri membatasi kita saat berselancar di internet, dengan kata lain kamu akan menemukan situs yang di blokir. Tujuan sebenarnya dari pemblokiran situs-situs ini baik, salah satunya adalah masalah keamanan dan kenyamanan. Misalnya mencegah anak di bawah umur masuk ke situs orang dewasa, atau menjaga kita agar terhindar dari situs-situs berbahaya.

Tapi seperti disebut di atas, ada kalanya kita ingin mengakses beberapa situs web yang kadang dianggap rawan.

Sebagai contoh, situs Reddit mendapat blokir dari beberapa provider. Namun walau ada ruang komunitas yang rawan di sana, ada juga yang bisa memberi kita informasi menarik dan berguna. Untuk mengaksesnya kita bisa memakai trik DNS ini.

Jadi, tidak heran jika ada banyak yang ingin tahu cara setting DNS di Android. Tentunya agar mereka bisa lebih leluasa menelusuri internet.

Penyedia Link DNS Populer


1. Google
Google merupakan salah satu penyedia alamat DNS Publik. Alamat DNS Google untuk Android adalah dns.google.
2. Cloudflare
Clouflare merupakan perusahaan penyedia layanan untuk kepentingan internet yang populer. Mereka juga terkenal dengan DNS dan aplikasi VPN-nya.

Alamat DNS Cloudflare untuk Android adalah 

one.one.one.one
 atau 
1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com
.
3. CleanBrowsing

CleanBrowsing cukup unik karena memiliki beberapa pilihan berdasarkan penyaringan konten. Ada yang aman buat keluarga, menyaring konten dewasa, dan juga untuk keamanan.

Alamat DNS CleanBrowsing untuk Android adalah:

Filter keluarga: family-filter-dns.cleanbrowsing.org

Filter konten dewasa: adult-filter-dns.cleanbrowsing.org

Filter keamanan: security-filter-dns.cleanbrowsing.org

Sekedar informasi, sistem pemakaian alamat DNS berbeda antara komputer dan Android. Sebagai contoh, jika alamat DNS Google untuk Android adalah dns.google, untuk komputer kamu memakai 8.8.8.8 atau 8.8.4.4.

Lalu bagaimana menerapkan alamat tersebut? Perhatikan langkah pertama di bawah.

Cara Setting DNS Chrome Android


Cara mengganti DNS di Google Chrome Android:

Di kotak alamat, tekan tombol menu ⋮ dan tekan pilihan ‘Settings‘.
Tekan pilihan ‘Privacy and security‘.
Tekan pilihan ‘Use secure DNS‘.
Pilih ‘Choose another provider‘ dan tekan tanda panah  untuk melihat pilihan.
Pilih salah satu provider DNS.

Cara Setting DNS Browser Chrome Android

Cara Setting DNS Browser Chrome Android


Seperti yang terlihat. Cara ini hanya terbatas pada browser bersangkutan saja. Tapi kalau kamu memang sering memakai browser tertentu, cara ini bisa kamu pilih.

Lalu karena ini berbasis browser, maka kamu bisa memakainya di ponsel Android apa saja. Mau Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, semua bisa.

Kesimpulan
Nah itulah caranya setting DNS di chrome android, sebenarnya terdapat banyak pilihan apabila kalian ingin mengakses internet dengan aman, salah satunya yakni dengan VPN. Namun saya sendiri kurang merekomendasikan VPN karena terdapat banyak VPN yang ternyata menyimpan data kita (LOG). Dengan dalih keamanan malah kebocoran.

Sumber Ref: 

  • Google Public DNS – https://developers.google.com/speed/public-dns/docs/using
  • Cloudflare DNS – https://1.1.1.1/dns/
  • CleanBrowsing – https://cleanbrowsing.org/guides/android/