Cara Mendapatkan NAT VPS Secara Gratis
Adanya VPS atau (Virtual Private Server) dapat membantu kita dalam hal cloud-computing. VPS dapat disebut sebagai komputer virtual
0

Cara Mendapatkan NAT VPS Secara Gratis

Adanya VPS atau (Virtual Private Server) dapat membantu kita dalam hal cloud-computing. VPS dapat disebut sebagai komputer virtual

Adanya VPS atau (Virtual Private Server) dapat membantu kita dalam hal cloud-computing. VPS dapat disebut sebagai komputer virtual yang dapat kita gunakan untuk melakukan sesuatu di cloud. Seperti mengatur sebuah website, membuat server game, otomatisasi sebuah pekerjaan, dan lain lain.

dapat bervariasi sesuai dengan lokasi, networkhardware, dan tipe virtualisasi yang ditawarkan. Tidak hanya 4 hal tadi, salah satu faktor lainnya yang mempengaruhi harga VPS adalah ketersediaan alamat IPv4. Kebanyakan penyedia VPS menggunakan IPv4 yang sudah semakin langka. Hal itu menyebabkan mahalnya harga sewa IPv4 yang kemudian menyebabkan naiknya harga VPS. Migrasi ke IPv6 juga masih jarang dilakukan, karena masih banyak layanan cloud yang hanya mendukung IPv4, dan juga belum meluasnya dukungan IPv6.

Solusi untuk menyikapi hal tersebut adalah dengan “menghemat” IPv4, salah satunya adalah menggunakan metode Network Address Translation (NAT). Dengan mengaplikasikan NAT kepada pembuatan VPS (= NAT VPS), penggunaan IPv4 baru dapat dikurangi. Apa itu NAT dan NAT VPS? Dan apa perbedaannya dengan VPS normal yang menggunakan dedicated IPv4? Mari kita bahas!

Apa Itu NAT?


Sebelum melanjutkan, mari kita bahas apa itu NAT secara singkat.

Pendeknya, NAT (Network Address Translation) adalah suatu metode dalam dunia jaringan untuk melakukan mapping / mengarahkan berbagai IP lokal (private) ke satu IP publik dalam satu router. Lihat ilustrasi berikut agar lebih jelas (whatismyipaddress.com):

Apa itu NAT VPS ?


Dari ilustrasi diatas, berbagai IP lokal diarahkan ke satu IP publik sebelum mengirim package ke web. Dengan demikian, IP lokal hanya menggunakan 1 IP publik untuk mengakses Internet. Hal ini sangatlah menghemat pemakaian IPv4 publik.

Harga NAT VPS sendiri terbilang lebih murah dibandingkan dengan harga VPS normal. Adapun beberapa website yang menawarkan NAT VPS secara gratis, hal ini tentu sangat membantu bagi kalian yang ingin belajar tentang VPS maupun belajar program tanpa membebani local disk milik kalian. Nah Berikut Adalah Cara Mendapatkan NAT VPS Secara Gratis !

Pertama-tama kalian harus memiliki sebuah akun Telegram, hal ini diperlukan karena untuk membuat akun NAT VPS nya kalian perlu sebuah akun telegram. apabila kalian sudah memiliki akun telegram, kalian bisa pergi ke website WOIDEN.ID.

Cara Mendapatkan NAT VPS Secara Gratis

Jika sudah, kalian bisa tekan tombol Create VPS, nantinya kalian akan melihat menu Data Center, Operating System, dan VPS Purpose. Nah disini kalian tinggal pilih data center VPS kalian, jika sudah selanjutnya kalian juga dapat memilih OS apa yang akan kalian gunakan. Dan untuk VPS purpose kalian tinggal pilih VPS kalian akan digunakan untuk apa.

Cara Mendapatkan NAT VPS Secara Gratis


Nah jika sudah, nantinya kalian akan disuruh masuk melalui telegram, nah disinilah kalian perlu punya akun telegram, agar kalian dapat login di website ini. jika sudah login, maka kalian tinggal tunggu saja notifikasi VPS kalian aktif seperti gambar di bawah ini.

Cara Mendapatkan NAT VPS Secara Gratis

Apabila sudah, kalian tinggal pencet VPS info, nantinya kalian akan masuk ke dalam menu VPS kalian, disitu kalian akan melihat akun vps milik kalian, jika ACTIVE maka akun NAT VPS kalian siap digunakan, kalian bisa menghubungkan nya dengan aplikasi Termux, atau aplikasi SSH yang lain.

Kesimpulan


NAT VPS gratis ini valid hanya untuk 7 hari ya guys, jadi apabila kalian ingin memperpanjang nya, kalian bisa membelinya versi premium, atau kalian bisa join di grup telegram.


Comments

Harap Tidak Menggunakan Link, Spam, Dan Malware

Contact Form