One Piece
Buah Iblis (atau "Devil Fruits" dalam Bahasa Inggris) adalah salah satu elemen sentral dalam seri manga dan anime "One Piece" karya Eiichiro Oda. 

Buah Iblis adalah buah misterius yang memberikan kekuatan super kepada mereka yang memakannya. Namun, imbalannya adalah si pemakan akan kehilangan kemampuan untuk berenang dan akan tenggelam di air. Ada tiga kategori utama Buah Iblis:

1. Paramecia:

Memberikan berbagai kekuatan unik yang tidak termasuk dalam kategori lain. Contoh: kekuatan Luffy yang menjadikannya seperti karet setelah memakan Gomu Gomu no Mi.

2. Zoan:

Memungkinkan pemakannya untuk berubah menjadi hewan tertentu atau kombinasi manusia dan hewan. Contoh: Tony Tony Chopper dengan Hito Hito no Mi yang memungkinkannya berubah menjadi manusia.

3. Logia:

Memberikan kemampuan untuk menciptakan, mengontrol, dan berubah menjadi elemen tertentu atau zat. Contoh: Portgas D. Ace yang bisa mengendalikan dan berubah menjadi api setelah memakan Mera Mera no Mi.

Selain ketiga tipe dasar tersebut, ada juga variasi khusus seperti "Mythical Zoan" yang memungkinkan pengguna berubah menjadi makhluk mitologis.

Buah Iblis memainkan peran penting dalam dinamika kekuatan di dunia "One Piece", dan banyak karakter memiliki kekuatan berkat buah ini. Namun, rahasia asal-usul dan sifat sebenarnya dari Buah Iblis masih menjadi misteri dalam cerita.

1. Ushi Ushi no Mi, Model: Giraffe - Pengguna: Kaku. Buah ini memungkinkan Kaku untuk berubah menjadi jerapah atau wujud hibrida jerapah-manusia.

2. Zou Zou no Mi, Model: Mammoth - Pengguna: Jack. Buah ini memungkinkan Jack untuk berubah menjadi mammoth purba. 

3. Ryu Ryu no Mi, Model: Brachiosaurus - Pengguna: Queen. Buah ini memberikan kekuatan fisik dan modifikasi cyber kepada Queen. 

4. Neko Neko no Mi, Model: Leopard - Pengguna: Rob Lucci. Buah ini memungkinkan Lucci untuk berubah menjadi macan tutul dan meningkatkan kemampuannya dalam seni bela diri Rokushiki. 

5. Ryu Ryu no Mi, Model: Pteranodon - Pengguna: King. Buah ini memungkinkan King untuk berubah menjadi pteranodon dan mengendalikan elemen seperti api. 

6. Inu Inu no Mi, Model: Okuchi no Makami - Pengguna: Yamato. Buah ini memungkinkan Yamato untuk berubah menjadi dewa serigala kuno dan menghasilkan es.

7. Hito Hito no Mi, Model: Daibutsu - Pengguna: Sengoku. Buah ini memungkinkan Sengoku untuk berubah menjadi patung Buddha raksasa dan menghasilkan gelombang kejut. 

8. Uo Uo no Mi, Model: Seiryu - Pengguna: Kaido. Buah ini memungkinkan Kaido untuk berubah menjadi naga biru raksasa dan mengendalikan elemen seperti api, angin, dan petir. 

9. Gomu Gomu no Mi - Pengguna: Monkey D. Luffy. Meskipun awalnya dianggap buah tipe Paramecia, buah ini sebenarnya adalah tipe Zoan Mythical yang memungkinkan Luffy untuk memiliki sifat karet. 

Kesimpulan

Buah iblis tipe Zoan memberikan pengguna kemampuan untuk berubah menjadi spesies tertentu. Pengguna buah iblis tipe Zoan mendapatkan peningkatan kekuatan fisik.

Buah iblis tipe Zoan memiliki keinginan sendiri dan bisa berbohong pada penggunanya. Buah iblis tipe Zoan dianggap sebagai buah iblis yang paling istimewa. 

Beberapa pengguna buah iblis tipe Zoan memiliki kemampuan khusus, seperti menghasilkan api atau es. Buah iblis tipe Zoan juga memiliki subclassifikasi seperti Zoan mitos yang berhubungan dengan makhluk mitologi.

Beberapa pengguna buah iblis tipe Zoan juga memiliki kemampuan lain seperti Haki.
Buah iblis tipe Zoan memberikan pengguna keuntungan dalam pertarungan, baik dalam serangan maupun pertahanan. Buah iblis tipe Zoan dianggap sebagai salah satu tipe buah iblis terkuat di dunia One Piece