Cara Menghilangkan ?m=1 Pada Url Blogger
Berikut Cara Menghilangkan Kode ?m=1 atau ?m=0 Pada Url Blogger
0

Cara Menghilangkan ?m=1 Pada Url Blogger

Berikut Cara Menghilangkan Kode ?m=1 atau ?m=0 Pada Url Blogger

Bagi kalian yang merupakan seorang pengguna platform blogger seperti saya. pastinya kalian pernah mengalami duplikat konten karena adanya kode ?m=1 pada akhiran url website atau blog kalian. 

Lantas apa yang dimaksud dengan kode ?m=0 atau ?m=1 ini ?, sebenarnya kode tersebut merupakan kode default dari blogger untuk membedakan pengguna mengakses situs atau blog menggunakan perangkat apa. 

Pada kode ?m=0 ini merupakan kode yang mencirikan bahwa pengguna menggunakan mode dekstop, sedangkan kode ?m=1 merupakan kode yang menyatakan pengguna mengakses menggunakan smartphone mobile.

Cara Menghilangkan Kode ?m=1 di Blogger

Sebenarnya ada cara untuk menyembunyikan kode tersebut, sehingga saat pengguna mengakses website atau blog milik kalian akan langsung ke www.web.com/tahun/bulan/halaman.html. caranya sebenarnya cukup mudah, kalian tinggal menambahkan script javascript di bawah ini. 

<script type="text/javascript">
var yuki = window.location.toString();
if (yuki.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {
var clean_yukino = yuki.substring(0, yuki.indexOf("?m=1"));
window.history.replaceState({}, document.title, clean_yukino);};
</script>

Silahkan kalian paste kan di blog sebelum tag
</body> atau &lt;/body&gt;
pada template blog milik kalian. caranya:
  • 1.Login ke blogger
  • 2.Pergi ke Tema
  • 3.Ubah HTML 
Dengan script tersebut kode ?m=1 atau kode ?m=0 akan disembunyikan, dan otomatis pada saat kalian mengakses situs blog milik kalian maka kode tersebut akan hilang. 

Atau kalian juga bisa menghilangkan kode tersebut dengan melakukan setting custom robots.txt blogger. caranya kalian tinggal isi custom robot.txt dengan ini:
User-agent: *
Allow: /
Disallow: /?m=1
Disallow: /?m=0
Sitemap: https://www.web.com/sitemap.xml
Untuk menggunakan custom robots.txt kalian bisa pergi setting menu setelan – preferensi penelusuran – aktifkan robots.txt khusus. Lalu isi dengan settingan tersebut. dan

Dampak Menghilangkan Kode ?m=1 Di Blogger

Dampak atau pengaruh menghilangkan kode ini belum jelas secara pasti apakah akan berdampak baik atau buruk pada SEO situs web milik kalian, karena saya sendiri juga kurang tahu (ambigu). Karena dari beberapa blog yang membahas tentang SEO yang pernah saya baca. 

Ada yang berkesimpulan bahwa ini akan baik untuk score SEO, adapula yang berkesimpulan buruk pada SEO. Dan saya sendiri juga tidak menggunakan kode ini karena memang sengaja saya biarkan default, selagi itu tidak mempengaruhi saya dalam menulis artikel. 

Kesimpulan

Karena pada dasarnya setiap template sekarang ini sudah bisa mengatasi duplikat content dengan menambahkan url canonical pada template blog. Dan itu tergantung preferensi masing-masing. Apakah mau dihilangkan atau tidak.

Comments

Harap Tidak Menggunakan Link, Spam, Dan Malware

Contact Form