Cara Membuat Custom Email Pakai Domain Sendiri Tanpa Hosting
Dalam era digital saat ini, email telah menjadi salah satu alat komunikasi yang paling penting dalam dunia bisnis. Namun, tidak semua alamat email diciptakan sama. Menggunakan custom email dengan domain sendiri, 

seperti nama@namaperusahaan.com, dapat memberikan banyak manfaat bagi bisnis Anda. Artikel ini akan menjelaskan manfaat dan cara membuat custom email dengan domain sendiri tanpa hosting. termasuk membangun citra profesional, meningkatkan kepercayaan pelanggan, dan menjaga keamanan data bisnis Anda.

Salah satu manfaat utama menggunakan custom email dengan domain sendiri adalah membangun citra profesional bagi bisnis Anda. Dalam komunikasi bisnis, kesan pertama sangat penting. Ketika Anda menggunakan alamat email dengan domain sendiri, seperti nama@namaperusahaan.com

Anda memberikan kesan yang lebih serius dan profesional kepada klien, mitra bisnis, dan pelanggan potensial. Hal ini menunjukkan bahwa bisnis Anda memiliki identitas yang jelas dan terpercaya.

Selain itu, menggunakan custom email dengan domain sendiri juga memungkinkan Anda untuk menyesuaikan alamat email dengan nama perusahaan atau merek Anda. Misalnya, jika nama perusahaan Anda adalah "ABC Corporation", Anda dapat menggunakan alamat email seperti info@abccorporation.com atau sales@abccorporation.com. Ini tidak hanya memberikan kesan profesional, tetapi juga memperkuat merek perusahaan Anda dan memudahkan pelanggan untuk menghubungi departemen yang tepat.

Membuat custom email pakai domain sendiri memang tidak kita dapatkan secara gratis, salah satu faktor utamanya yakni kita harus memiliki cpanel atau harus menyewa layanan hosting pada situs penyedia hosting. Dan di artikel kali ini saya akan membagikan cara tersebut tanpa harus membayar atau membeli layanan hosting alias dengan cara ini kalian dapat membuatnya secara gratis dan cuma cuma. 

Cara Membuat Custom Email Pakai Domain Sendiri

Langkah Pertama: Langkah pertama untuk membuat email pakai domain sendiri tanpa hosting kalian perlu mendaftar ke situs Cloudflare, karena dengan situs Cloudflare inilah kita dapat membuat Email dengan domain sendiri tanpa harus membeli layanan Hosting. 

Konfigurasi Nameserver ke Cloudflare

Apabila kalian sudah memiliki akun Cloudflare, maka langkah selanjutnya adalah kalian mengganti nameserver pada domain kalian di situs kalian membeli domain, dan untuk isi dari nameservernya kalian ubah dengan nameserver dari situs Cloudflare. 

Cara Membuat Custom Email Pakai Domain Sendiri Tanpa Hosting

Jika sudah kalian tinggal beberapa menit sampai terhubung, apabila domain kalian sudah terhubung, kalian tinggal pergi ke menu Email

Konfigurasi Terima Email Cloudflare

Kemungkinan besar kalian akan disambut dengan tampilan dns. Cloudflare akan meminta untuk menambahkan beberapa baris records tambahan agar fitur email routing bisa aktif. Langsung saja klik Add Records dan Enable

Konfigurasi DNS akan otomatis ditambahkan sehingga kalian tidak perlu menambahkannya secara manual. Jika sudah lalu kalian tinggal masuk ke Menu > Email > Routes isi data-data yang diperlukan lalu klik Save. 

Cara Membuat Custom Email Pakai Domain Sendiri Tanpa Hosting


Akan dikirimkan sebuah email verifikasi ke alamat destination address yang sudah diisi. Cek inbox kamu dan klik verifikasi.
Dan berikut adalah tampilan jika destination addresss sudah terverifikasi. 

Hal ini hanya mencakup untuk menerima pesan email dengan email custom yang sudah di konfigurasikan tadi. Jadi pada saat seseorang mengirim pesan email ke nama@perusahaan.com maka otomatis akan di routing ke emailperusahaan@gmail.com sehingga akan masuk ke gmail milik perusahaan kamu. 

Konfigurasi Kirim Email Cloudflare

Berikut langkah-langkah untuk mengirim email menggunakan custom email yang sudah di konfigurasikan.

Langkah pertama: silahkan buka Gmail.com dan buka Setelan, kemudian pilih See all Settings

Cara Membuat Custom Email Pakai Domain Sendiri Tanpa Hosting


Pilih menu Accounts and Import > Send Email As > add another email address.

Cara Membuat Custom Email Pakai Domain Sendiri Tanpa Hosting

Isi datanya seperti berikut.

Cara Membuat Custom Email Pakai Domain Sendiri Tanpa Hosting

Kemudian isi data yang dibutuhkan, tekan lanjutkan, lalu silahkan isi data seperti di bawah ini: 

Cara Membuat Custom Email Pakai Domain Sendiri Tanpa Hosting

SMTP Server: smtp.gmail.com
Port: 465
Username: Alamat Gmail Asli.
Password: Password Gmail/Akun Google
Seccured Connection: SSL

Jika Gagal Menambahkan Akun

Jika terjadi error pada saat menambahkan akun, silahkan kalian kalian menggunakan App Password (Sandi Aplikasi) untuk memverifikasi. Pastikan kalian sudah mengaktifkan 2-Step Verification (Verifikasi 2 Langkah) agar menu ini ada. Jika sudah berikut adalah langkahnya. 

1. Buka alamat berikut ini :
https://myaccount.google.com
2. Akses menu Security > App passwords.
3. Pilihan Select app > Other (Custom Name) > berikan nama Gmail dan klik tombol Generate.

Cara Membuat Custom Email Pakai Domain Sendiri Tanpa Hosting

4. Gunakan Sandi tersebut untuk Memverifikasi Login pada SMTP gmail kalian. Setelah berhasil nantinya ada kode verifikasi yang dikirimkan ke alamat asli gmail anda. Dapatkan kodenya. 

Selesai !!! Kamu berhasil membuat email custom domain untuk kirim terima tanpa harus membayar layanan hosting. biasanya pada saat kalian akan mengirim pesan menggunakan gmail nantinya akan terdapat pilihan untuk mengirim email, atau kalian bisa juga setting sebagai default email jika memang kalian ingin menggunakan email tersebut untuk mengirim email. 

Cek Keberhasilan Kirim Terima Email Custom Cloudflare

Beginilah tampilan pada saat kalian kirim email menggunakan custom email pakai domain sendiri. 

Cara Membuat Custom Email Pakai Domain Sendiri Tanpa Hosting

Menggunakan custom email dengan domain sendiri memiliki banyak manfaat bagi bisnis Anda. Dari membangun citra profesional hingga meningkatkan kepercayaan pelanggan, dan menjaga keamanan data bisnis Anda, custom email memberikan keuntungan yang signifikan dalam dunia bisnis yang semakin terhubung secara digital. 

Dalam era di mana komunikasi melalui email menjadi sangat penting, memiliki alamat email yang profesional dan aman adalah langkah yang bijaksana untuk membangun dan menjaga reputasi bisnis Anda. Dengan menggunakan custom email dengan domain sendiri, Anda dapat memberikan kesan yang serius, memperkuat merek perusahaan, dan menjaga keamanan data bisnis Anda.