Cara Membuat Script Anti Copy Paste
Dalam era digital yang semakin maju, perlindungan konten menjadi hal yang penting. Dalam dunia web, seringkali kita ingin melindungi konten yang kita buat agar tidak mudah dicuri atau disalin oleh orang lain. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menerapkan fitur anti copy text di halaman web kita.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara membuat anti copy text menggunakan JavaScript. Kami akan mengajarkan langkah-langkah yang mudah diikuti dengan penjelasan yang jelas dan bahasa yang mudah dipahami. Dengan mengikuti tutorial ini, Anda akan dapat meningkatkan keamanan konten Anda dan menjaga hak cipta dari teks yang Anda buat.

Apa itu Anti Copy Text? 

Sebelum kita mempelajari cara membuat anti copy text, penting untuk memahami apa itu sebenarnya fitur ini. Anti copy text adalah fitur yang dirancang untuk mencegah pengunjung dari meng-copy atau menyalin teks yang ada di halaman web. Tujuan utama dari fitur ini adalah untuk melindungi konten yang kita buat dari tindakan pencurian atau penyalinan yang tidak diizinkan.

Dalam dunia digital, seringkali kita menemui situasi di mana seseorang mencuri atau menyalin konten yang kita buat tanpa izin. Hal ini dapat merugikan kita secara finansial dan merusak reputasi kita sebagai pencipta konten. Dengan menerapkan fitur anti copy text, kita dapat memberikan lapisan tambahan keamanan untuk melindungi konten kita.

Langkah-langkah Membuat Anti Copy Text dengan JavaScript 

Sekarang, mari kita bahas langkah-langkah untuk membuat anti copy text menggunakan JavaScript. Ikuti langkah-langkah berikut dengan seksama:
 

1. Silahkan kalian copy script JavaScript di bawah ini:


<script>
var textElement = document.querySelector('.post-body');
  textElement.addEventListener('copy', function(event) {
    var copiedText = window.getSelection().toString();
    var articleTitle = document.querySelector('.post-title').textContent;
    var articleLink = window.location.href;
    var sourceLink = 'Konten ini telah tayang di situs web www.yukinoshita.web.id dengan judul ' + articleTitle + ' Klik untuk Baca: ' + articleLink;
    var copiedTextWithSource = copiedText + '\n' + sourceLink;
    event.clipboardData.setData('text/plain', copiedTextWithSource);
    event.preventDefault(); 
  });
</script>
2. Silahkan kalian Login ke Blogger > Tema > Edit HTML Lalu silahkan kalian pastekan di bagian atas </body> jangan lupa buat ganti tulisan www.yukinoshita.web.id dengan situs web milik kalian. Lalu silahkan kalian tekan simpan.

Maka otomatis pada saat seseorang melakukan copy text/klik kanan nantinya akan memberikan secara langsung sumber artikel, dengan judul artikel yang di copy tadi. 

Dalam dunia digital yang penuh dengan risiko pencurian konten, melindungi konten yang kita buat menjadi sangat penting. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menerapkan fitur anti copy text di halaman web kita. 

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan cara membuat anti copy text menggunakan JavaScript. Dengan mengikuti langkah-langkah yang mudah diikuti, Anda dapat meningkatkan keamanan konten Anda dan menjaga hak cipta dari teks yang Anda hasilkan.

Namun, perlu diingat bahwa fitur anti copy text hanya merupakan salah satu langkah keamanan yang dapat diambil. Penting untuk mengkombinasikannya dengan langkah-langkah keamanan lainnya, seperti mengatur hak cipta, menambahkan watermark, membatasi akses, dan mengimplementasikan tindakan hukum yang sesuai jika terjadi pelanggaran hak cipta.
Dengan menggunakan teknik ini, Anda dapat meningkatkan keamanan konten Anda dan menjaga hak cipta dari teks yang Anda buat. Selamat mencoba!