Cara Membuat Subdomain di Blogger Gratis!
Artikel kali ini, saya akan membahas bagaimana caranya membuat subdomain pada blogger tanpa harus memiliki paket layanan Hosting, atau Cpanel. Jadi kalian hanya perlu memiliki sebuah domain kustom. 

Dalam era digital yang semakin maju, memiliki blog pribadi telah menjadi tren yang populer di kalangan banyak orang. Platform Blogger, dengan kemudahan penggunaannya dan fitur yang kaya, telah menjadi pilihan utama bagi banyak blogger. 

Namun, telahkah Anda mempertimbangkan untuk memberikan sentuhan personal lebih jauh pada blog Anda dengan menggunakan subdomain? Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda langkah demi langkah tentang cara membuat subdomain di Blogger secara gratis, memberikan kesan profesional dan eksklusif pada blog Anda.

I. Pengertian Subdomain dan Manfaatnya

Sebelum kita masuk ke langkah-langkah teknis, penting untuk memahami konsep subdomain dan mengapa itu penting untuk blog Anda. Subdomain adalah bagian dari domain utama Anda yang ditambahkan di depannya untuk membuat alamat web yang berbeda dengan identitas yang unik. Menggunakan subdomain dapat memberikan kesan profesional, meningkatkan jangkauan audiens, dan menawarkan pengaturan yang lebih khusus untuk bagian-bagian tertentu dari blog Anda.

II. Langkah-langkah Membuat Subdomain di Blogger

Langkah Pertama: Silahkan kalian masuk ke menu Client Zone milik penyedia domain kalian, disini saya memakai cloudflare sebagai tutorial saja, pada intinya sama aja setiap penyedia layanan domain dan hosting, pastinya memiliki DNS zone. 

Cara Membuat Subdomain di Blogger Gratis!


Nah jika sudah masuk ke client zone di website penyedia domain milik kalian, silahkan kalin pergi ke pengaturan DNS, milik domain kalian masing - masing.

Langkah Kedua: Jika sudah berada di pengaturan DNS, silahkan tambahkan record baru. caranya kurang lebih sama seperti di bawah ini.

Cara Membuat Subdomain di Blogger Gratis!


Nah selanjutkan kalian tinggal tambahkan record baru, untuk recordnya sendiri type nya diisi dengan CNAME. dan namanya silahkan kalian gunakan nama yang ingin dijadikan subdomain di domain kalian. Contoh: tools, maka nanti subdomain kalian tools.domain.com.

Dan untuk targetnya sendiri silahkan kalian isi dengan ghs.google.com sebagai target dari subdomain milik kalian. 

Cara Membuat Subdomain di Blogger Gratis!

Langkah Ketiga: langkah selanjutnya adalah menambahkan subdomain kita ke blogger, caranya silahkan kalian masuk ke menu blogger kalian. lalu kalian masuk ke setting >domain kustom > tambahkan subdomain milik kalian tadi. Lalu simpan. Berikut Hasilnya: https://media.yukinoshita.web.id

III. Apabila Mengalami Kendala Saat Menghubungkan Subdomain

Langkah Pertama: apabila kalian mendapati tidak bisa menyimpan domain kustom kalian saat menghubungkannya dengan domain kustom. 

biasanya terdapat beberapa kendala, seperti kalian harus menambahkan beberapa verifikasi record CNAME di client zone DNS milik kalian. maka tinggal di tambahkan. 

Langkah kedua: Apabila kalian mengalami error semacam tidak dapat di akses, ya memang menghubungkan subdomain dengan DNS ini memerlukan waktu sampai subdomain kalian terhubung. 

IV. Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas langkah-langkah praktis untuk membuat subdomain di Blogger secara gratis. Dengan menggunakan subdomain, Anda dapat memberikan sentuhan personalisasi pada blog Anda, meningkatkan profesionalitas, dan memberikan pengaturan khusus untuk berbagai bagian dari situs web Anda. 

Menggunakan platform Blogger ini memberi Anda kesempatan untuk mengoptimalkan konten Anda dan memperluas jangkauan audiens Anda. Nikmatilah perjalanan Anda dalam menciptakan blog yang terstruktur dan menarik dengan bantuan subdomain!