5 Rekomendasi Laptop Gaming Spesifikasi Terbaik, Layak Jadi Pilihan
ASUS menjadi salah satu brand yang dipercaya oleh para gamers untuk memenuhi kebutuhan perangkat gaming mereka. Memang benar bahwa ada banyak tipe laptop keluaran ASUS yang memenuhi spesifikasi untuk gaming. Setiap tipe laptop tersebut hadir dengan jenis keunggulan yang berbeda. 

Bagi gamers, perangkat laptop tangguh dengan spesifikasi tinggi adalah yang utama. Mereka membutuhkan laptop yang bisa mendukung aktivitas gaming secara optimal. Tidak hanya dari segi visual namun juga audio dan berbagai faktor lainnya. Mari cari tahu apa saja laptop gaming terbaik keluaran ASUS yang layak jadi pilihan. 

Laptop Gaming Terbaik ASUS

ASUS telah merilis banyak sekali tipe laptop dan di antaranya ada laptop gaming dengan spesifikasi tinggi. Berikut ini ada 5 rekomendasi laptop gaming dari ASUS dengan spesifikasi terbaik yang bisa Anda pertimbangkan.

1. ASUS ROG Zephyrus G14

Pertama ada ASUS ROG Zephyrus G14 yang disebut-sebut sebagai pilihan terbaik bagi gamers saat ini. Laptop ini punya spesifikasi yang mendukung aktivitas gaming baik hobi maupun profesional. ASUS merilis laptop ini dengan 2 pilihan prosesor yaitu AMD Ryzen 7 4800HS dan AMD Ryzen 9 4900HS. 

Sementara itu untuk kartu grafisnya, ASUS memberikan 4 opsi kepada pengguna. Laptop ini hadir dengan pilihan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1650 Ti, GTX 1650, RTX 2060, dan GTX 1660. Performa laptop semakin optimal berkat adanya dukungan RAM DDR4 16GB dan SSD NVMe 512GB sampai 1TB. 

Menariknya lagi, ASUS ROG Zephyrus G14 ini juga dibekali kualitas layar yang sangat bagus. Layar yang digunakan adalah panel IPS dengan resolusi FHD (1920x1080 piksel) dengan ukuran 14 inch. Refresh rate layar tersebut 120Hz sampai 144Hz dan memiliki fitur unik yang diberi nama AniMe Matrix. 

2. ASUS TUF Gaming F15

Rekomendasi berikutnya  adalah ASUS TUF Gaming F15. Laptop yang satu ini juga cukup banyak dijadikan pilihan oleh para gamers. Spesifikasinya memang mendukung untuk kebutuhan gaming, dimulai dari jenis prosesor yang dipakai yaitu Intel Core generasi 10. Kemudian ASUS membekali laptop ini dengan kartu grafis VGA NVIDIA GeForce GTX 16. 

Pengguna ASUS TUF Gaming F15 juga bisa mendapatkan pengalaman gaming yang lebih baik berkat jenis layar yang digunakan. Laptop ini memakai layar IPS FHD dengan refresh rate 144Hz. Tidak hanya itu, keunggulan lain dari laptop ini adalah punya baterai dengan daya tahan yang cukup besar. Kapasitas baterainya 48Wh sehingga lebih fleksibel untuk dipakai bermain game. 

3. ASUS ROG Zephyrus M16

Gamers juga bisa melirik ASUS ROG Zephyrus M16. Laptop yang satu ini juga hadir sebagai laptop gaming dengan spesifikasi memuaskan dari ASUS. Jenis prosesor yang digunakan adalah Intel Core i9-12900H dengan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3060. Performanya juga didukung RAM berkapasitas 16GB dengan kecepatan 4800MHz. 

Soal daya tahan baterai, laptop ini hadir dengan baterai berkapasitas sangat besar yaitu 100Wh. Daya tahan baterai yang besar ini membuat gamers jadi semakin puas untuk memainkan game favorit mereka. Apalagi kualitas layar yang digunakan juga sangat baik dan bisa menghadirkan tampilan visual game yang memuaskan. 

4. ASUS ROG Strix Scar 18

Laptop gaming berikutnya yang juga cukup banyak direkomendasikan adalah ASUS ROG Strix Scar 18. Perangkat ini memakai GPU GeForce RTX 4090 dengan kartu grafis NVIDIA Advance Optimus. Dari segi performa tampak jelas bahwa laptop ini tidak perlu diragukan lagi. Selain itu kemampuannya dalam menampilkan visual grafis game juga sangat baik. 

Salah satu keunggulan yang dibawa oleh laptop ini adalah adanya fitur MUX Switch. Fitur ini hadir untuk memfasilitasi GPU agar bisa mengirim hasil kerja langsung ke layar tanpa harus diproses dulu di CPU. Tidak heran jika laptop ini diklaim bisa memberi pengalaman pemakaian yang lebih baik, apalagi untuk kebutuhan bermain game. 

5. ASUS TUF A15 FA506IC

Rekomendasi berikutnya datang dari ASUS TUF A15 FA5016IC. Perangkat laptop yang satu ini rilis tahun 2021 lalu dan terbukti menjadi salah satu laptop gaming dengan spesifikasi terbaik. Laptop ini menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 4800H yang punya kecepatan sampai 4,2GHz.

Performa laptop gaming ini juga didukung oleh kartu grafis NVIDIA GeForce RTX3050 GDDR6 4G. Sementara itu layarnya menggunakan panel IPS berukuran 15,6 inci dan resolusinya sudah FHD 1920x1080 piksel dengan refresh rate sampai 144Hz. Dari segi spesifikasi, laptop ini sangat mendukung kebutuhan gaming dan rendering. 

Semua tipe laptop ASUS yang sudah disebutkan tadi punya spesifikasi yang pas untuk kebutuhan bermain game. Setiap tipenya juga hadir dengan kelebihan yang berbeda-beda. Gamers tinggal menyesuaikan pilihan tipe laptopnya dengan kebutuhan masing-masing.