Fungsi Fitur AI Noice Cancelation Pada Laptop Pelajar ASUS Vivobook Go 14 E1404F
Ada banyak brand laptop yang beredar di pasaran dengan berbagai macam spesifikasi dan jenis. Salah satu laptop buat pelajar yang bisa Anda pilih adalah ASUS Vivobook Go 14 E1404F. Ini adalah jenis laptop standar yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

ASUS Vivobook Go 14 ini sangat cocok digunakan oleh pelajar atau mahasiswa. Sebab, spesifikasi yang dimilikinya sudah sangat membantu menunjang kebutuhan pelajar. Selain itu, harga dari laptop ini juga cukup terjangkau mulai dari Rp6 jutaan saja.

Apa Itu Fitur AI Noice Cancelation?

Laptop buat pelajar seperti ASUS Vivobook Go 14 E1404F memiliki fitur andalan AI Noice Cancelation. Adanya fitur ini memberikan kenyamanan tersendiri bagi Anda yang sering menggunakan mikrofon untuk melakukan panggilan video atau telepon di laptop. Apalagi, di laptop pelajar ini, fitur ini tentu akan sangat berguna untuk menunjang aktivitas belajar mengajar.

Fitur AI Noise Cancellation adalah teknologi canggih yang digunakan untuk menghilangkan atau mengurangi kebisingan yang tidak diinginkan dalam suara. Dengan menggunakan kecerdasan buatan (AI), fitur ini dapat membedakan antara suara yang diinginkan dan suara yang tidak diinginkan, seperti suara latar belakang atau kebisingan jalan.

Ketika Anda menggunakan fitur AI Noise Cancellation, suara yang dihasilkan akan lebih jernih dan terisolasi dari kebisingan yang mengganggu. Misalnya, saat Anda sedang berbicara di telepon di tempat yang bising, fitur ini akan membantu memfilter suara latar belakang yang tidak diinginkan, sehingga lawan bicara Anda dapat mendengar Anda dengan jelas tanpa gangguan.

Fitur ini sangat berguna dalam berbagai situasi, seperti saat melakukan panggilan konferensi, mendengarkan musik, atau menonton film. Dengan menggunakan AI Noise Cancellation, pengalaman audio Anda akan menjadi lebih baik dan lebih nyaman. Anda dapat menikmati suara yang lebih jernih dan terisolasi dari kebisingan yang mengganggu, sehingga Anda dapat fokus pada apa yang sedang Anda dengar atau bicarakan.

Cara Kerja Fitur AI Noice Cancelation

Cara kerja fitur ini cukup sederhana namun efektif. Ketika Anda mengaktifkan fitur AI Noise Cancellation, laptop ASUS akan menggunakan mikrofon yang ada di dalamnya untuk mendeteksi suara-suara yang tidak diinginkan di sekitar Anda.

Setelah itu, dengan bantuan kecerdasan buatan, laptop akan memproses suara tersebut dan memisahkan suara yang dihasilkan oleh Anda dengan suara-suara latar belakang yang mengganggu.

Setelah memisahkan suara tersebut, laptop ASUS akan menghilangkan atau mengurangi suara-suara latar belakang yang tidak diinginkan tersebut. Hasilnya, suara Anda akan terdengar lebih jernih dan bebas dari gangguan suara-suara yang mengganggu.

Fitur AI Noise Cancellation ini sangat berguna bagi Anda yang sering menggunakan laptop untuk melakukan panggilan video atau konferensi online, karena dapat meningkatkan kualitas suara dan mengurangi gangguan dari lingkungan sekitar.

Tipe AI Noice Cancelation

Laptop ASUS Vivobook Go 14 E1404F memiliki fitur AI Noice Cancelation. Fitur ini terdapat dua tipe yang berbeda, yaitu passive noice cancelation dan active noice cancelation. Berikut merupakan perbedaan keduanya.

Passive Noice Cancelation

Teknologi Passive Noise Cancellation adalah cara untuk mengurangi kebisingan tanpa menggunakan listrik atau sumber daya tambahan. Ini bekerja dengan memanfaatkan bahan atau desain produk untuk menahan suara-suara yang mengganggu. Biasanya, teknologi ini ditemukan pada headphone over-ear dan earphone in-ear.

Kelebihan dari jenis noise cancellation ini adalah kemampuannya untuk meredam suara dengan frekuensi tinggi yang tidak teratur. Hal ini membuatnya sangat berguna ketika kita ingin fokus mendengarkan musik atau bekerja di lingkungan yang bising. Dengan menggunakan perangkat audio yang dilengkapi dengan teknologi ini, pengguna dapat menikmati kualitas suara yang lebih baik tanpa gangguan dari suara latar.

Meskipun Passive Noise Cancellation efektif dalam mengurangi kebisingan, namun tidak seefektif Active Noise Cancellation yang menggunakan mikrofon dan sumber daya tambahan. Namun, teknologi ini tetap menjadi pilihan yang baik untuk Anda yang mencari solusi sederhana dan efisien dalam mengurangi gangguan suara di sekitar Anda.

Active Noice Cancelation

ANC atau Active Noise Cancellation adalah teknologi yang berbeda dengan yang pasif karena bekerja secara aktif dalam menyaring suara. Untuk menggunakan teknologi ini, perangkat audio harus dilengkapi dengan komponen elektronik tambahan.

Perangkat dengan ANC akan mendeteksi dan menganalisis pola suara dari kebisingan yang masuk. Setelah itu, perangkat akan memproduksi sinyal kebalikan untuk mereduksi suara tersebut sehingga tidak terdengar. Dengan kata lain, ANC dapat menghilangkan suara yang mengganggu dengan cara menghasilkan suara yang berlawanan.

Keunggulan teknologi noise cancellation aktif adalah kemampuannya dalam menyaring suara berfrekuensi rendah yang teratur. Misalnya, perangkat audio dengan ANC dapat menghilangkan bunyi baling-baling kipas angin atau derau mesin pada mobil saat berkendara.

Laptop ASUS Vivobook Go 14 E1404F terbilang cukup rekomended digunakan sebagai laptop pelajar. Sebab, spesifikasinya sudah cukup mumpuni dan memiliki harga yang terjangkau. Dapatkan laptop ASUS original melalui toko resmi baik secara offline maupun online.