Apa Itu AMV dan PV Dalam Anime ? - Wibu Wajib Tahu !
Pernah mendengar istilah AMV atau PV Anime ? Apabila kalian sering menonton berbagai video di aplikasi streaming video, maupun di social media yang aktif dalam membahas dunia anime maupun manga. Pastinya kalian tidak asing dengan istilah tersebut. 

Istilah AMV dan PV ini sering digunakan dalam judul video maupun tag dalam sebuah video anime, bukan cuman itu saja istilah AMV dan PV juga sering di gunakan oleh media media dalam memberitakan sebuah anime, maupun mempromosikan video sebuah anime. 

Sebenarnya apa sih yang di maksud dengan AMV dan PV di Anime ? Berikut penjelasan lengkap tentang AMV dan PV buat kalian para wibu harus tau nih, meski sekilas hampir sama. Ternyata kedua istilah ini memiliki arti dan maksud yang berbeda lho.....

Pengertian AMV di Anime

Apa Itu AMV dan PV Dalam Anime ? - Wibu Wajib Tahu !

AMV merupakan singkatan dari kata "Anime Music Video" seperti namanya, AMV merupakan gabungan beberapa klip Anime yang di gabungkan menjadi satu video. Yang di iringi dengan lantunan musik. klip - klip yang di ambil dari setiap anime biasanya klip yang epic, seperti adegan pertarungan, mode santai, ataupun juga adegan saat melakukan sesuatu.

Setelah klip anime yang di susun menjadi sebuah video, biasanya akan di padukan dengan lantunan background music yang mewakali video tersebut. Saat ini banyak sekali orang-orang yang membuat AMV video, kalian juga dapat menontonnya di kanal Youtube maupun aplikasi Tiktok.

AMV sendiri biasanya dibuat oleh seseorang ataupun kelompok yang memang memiliki kesenangan terhadap anime. AMV tidak ada sangkut pautnya dengan perusahaan yang membuat anime tersebut. 

Pengertian PV di Anime

PV Terbaru Anime Vtuber Kizuna Ai

Berbanding terbalik dengan AMV, PV atau "Promotional Video" merupakan Preview atau Video Pendek yang digunakan untuk mempromosikan sebuah Lagu, Film, ataupun Anime. Yang secara resmi dibuat oleh Perusahaan dari anime tersebut. Dengan bertujuan untuk Promosi. 

Promotional Video (PV) sendiri biasanya digunakan saat sebuah anime menjelang rilis dalam kurun waktu tertentu. Yang bertujuan agar penonton semakin penasaran akan isi dari anime yang dibuat. PV ini juga biasanya gak cuman satu, ada beberapa anime yang memberikan cuplikan tambahan lebih dari satu. 

Kesimpulan

Nah itulah ulasan mengenai AMV dan PV dalam dunia anime, sebenarnya ini meruapakan bahasa umum yang perlu kalian tahu, terutama bagi kalian yang memiliki kesenangan terhadap anime, atau yang orang lebih kenal dengan istilah Wibu.