https://www.yukinoshita.web.id/2022/12/pengertian-dan-perbedaan-anime-tv-dan-bd.html
Bagi kalian para pecinta film, tentunya kalian sudah tidak asing lagi apabila mendengar kata TV maupun BD. Dan juga buat kalian-kalian yang suka dengan film animasi jepang atau yang disingkat Anime. Anime TV maupun Anime BD, apakah kalian sudah paham maksud dari kata Anime TV dan Anime BD ? Apakah tahu dimana letak perbedaannya ? Yuk simak penjelasannya di bawah. 

Pengertian Anime BD 

Di dunia perfilm.an terdapat istilah BD atau Bluray-Disc yang mengacu pada media penyimpanan file atau penyimpanan data digital yang berbentuk cakram. cakram tersebut bisa kalian sebut (Bluray-Disc)./div>

Video anime dalam bentuk format BD biasanya dijual dan diedarkan oleh perusahaan pembuat anime dengan berbagai keunggulan. Mulai dari segi kualitas dan resolusi gambar anime yang ditingkatkan. Bahkan sampai beberapa sensor dihilangkan. 

https://www.yukinoshita.web.id/2022/12/pengertian-dan-perbedaan-anime-tv-dan-bd.html


Hampir mirip dengan CD dan DVD, cakram optik blu-ray ini memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan cakram lain yang sejenis.

Sesuai dengan kata Blu yang terdapat di kata Blu-ray, lapisan penyimpan data cakram optik bluray ini didominasi dengan warna biru sampai keunguan. Untuk besar penyimpanan dari cakram ini cukup besar, mulai dari 25GB untuk cakram bluray satu layer, 50GB untuk dua layer. Kapasitas penyimpanan cakram BD ini 100-300 Gigabyte. Dengan kecepatan pembacaan data 36MB/sec.

Pengertian Anime TV

Sebenarnya cukup banyak perbedaan antara anime BD dengan anime TV yakni mulai dari segi kualitas gambar, audio di anime, dan berikut merupakan beberapa perbedaan mencolok diantara keduanya. 

- Kualitasi Gambar Anime TV dan Anime BD

Kualitas Gambar di anime BD lebih baik daripada anime TV. Dari segi resolusi video sampai tingkat efek dan pewarnaan gambar, serta detail penggambaran karakter. Masih terbilang bagus Anime BD

- Kualitas Suara Anime BD dan Anime TV

Dari segi kualitas output audio anime BD masih jauh lebih unggul dibandingkan dengan anime TV.

- Masalah Penyensoran Anime TV dan Anime BD

Di suatu film anime, pastinya terdapat salah satu scene yang tidak lolos penyensoran TV sehingga hal tersebut diakali dengan sensor, atau juga bisa beberapa adegan dihilangkan. Berbeda dengan anime BD semua adegan yang ada di film anime tidak melalui penyensoran sehingga beberapa adegan yang tidak ada di versi TV akan ada di BD.

- Kelebihan Dan Kekurangan Anime TV dan Anime BD

Anime dengan format BD biasanya ditargetkan untuk diperjual-belikan oleh perusahan anime. Sehingga kalian yang ingin menonton anime dengan format BD biasanya harus membeli carkam Disc terlebih dahulu. Berbeda dengan Anime TV yang memang ditayangkan secara gratis hanya dengan memiliki TV dan STB. 

Kesimpulan

Itulah beberapa perbedaan mencolok antara Anime BD dengan Anime TV, dan tentunya apabila kalian ingin menonton anime BD kalian harus merogoh kocek untuk membeli Cakram Disc, jika ingin menonton anime dengan kualitas grafis lebih baik, dan tentunya kelengkapan adegan scene dari suatu Anime. .