Setelah sekian lama gak bikin artikel karena memang gak punya cukup waktu, kali ini mimin bakalan menshare salah satu game yang biasanya dimainkan para wibu isekai. game satu ini memang salah satu game legendaris yang sudah lama sekali ada namanya adalah Osu!.

Apa itu Osu! ?

Dari sekian banyak genre game yang ada saat ini, game bergenre 'Rhythm' menjadi salah satu genre yang sangat digemari oleh para pecinta musik. Pasalnya mereka dapat bermain sekaligus mendengar musik dengan memainkan game bergenre tersebut.

Berbicara soal game rhythm, osu! adalah salah satu game yang bisa dibilang sudah sangat terkenal dan juga legendaris. Game tersebut pertama kali diluncurkan pada 16 September 2007 lalu oleh Dean ‘peppy’ Herbert.

Awalnya osu! sendiri hanya hadir sebagai game rhythm indie sebelum komunitas gamers memainkan dan membuat game ini semakin berkembang. Pasalnya para pemain membuat map (level) dengan musik-musik baru.

Osu! sendiri hadir dalam beberapa mode yang bisa dimainkan seperti osu! Standard, Osu! Taiko, Osu! Catch the Beat, dan juga Osu! Mania. Masing-masing mode memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Tetapi, mode osu! Standard dan osu! Mania lah yang ramai peminatnya.

Untuk memainkan game-nya, kalian bisa men-download-nya melalui situs ini: https://osu.ppy.sh/home/download Yang setelah itu, kalian perlu install, create account dan selesai. Sayangnya osu! hanya bisa dimainkan di Pc dan laptop, dan kali ini saya akan share untuk versi Android nya, namanya osu!droid kalian bisa menginstall nya di https://osudroid.moe

versi android dari game ini merupakan buatan para fans. Alias 'Fandmade'.
Tutorial Cara Main Osu! di Smartphone Android

Sama seperti halnya di Osu! Versi Pc, kalian bisa memainkan berbagai beatmap, namun sayangnya  kalian hanya bisa memainkan osu! versi Standar saja. dan untuk mod nya sendiri terdapat banyak sekali mod yang dapat kalian mainkan seperti halnya osu! versi Pc.

Tutorial Cara Main Osu! di Smartphone Android

Selain itu kalian juga dapat menginstall skin layaknya versi Pc, apabila kalian ingin menginstall skin di osu!droid kalian bisa join ke dalam discord server osu!droid terdapat banyak sekali port skin dan handmade skin yang dapat kalian install.

Tutorial Cara Main Osu! di Smartphone Android

Dan untuk menginstall beatmapnya sendiri, kalian tinggal download saja di website osu! atau kalian bisa download langsung di aplikasi osu!droid.

Disini kalian juga dapat bermain secara online, bahkan sering diadakan turnamen yang di adakan di server discord osu!droid.

Tips main osu! untuk pemula

Baik, sedikit tips bagi saya jika kalian ingin memulai game ini.

Pilih salah satu mode yang ingin kalian dalami, misal kalian ingin mendalami di mode osu! Mania, teruslah berlatih di mode itu dan jangan berpindah.

Setelah itu, mulailah dari

 1 keys dan difficulty yang rendah, kuasailah salah satu lagu yang menurut kalian mudah.

Jika sudah menguasai, mulai lah untuk menaikan tingkat kesulitan dan tingkat keys (2-8 keys).

Istirahat yang cukup dan tetaplah konsisten.

Saat ini Osu! sendiri juga memiliki ribuan pemain aktif harian dan membuatnya menjadi salah satu game rhythm dengan jumlah pemain terbanyak. Bahkan saat ini sudah ada kompetisi Esports Osu! yang digelar di beberapa negara. 

Apalagi game ini juga tidak membutuhkan spesifikasi PC yang tinggi untuk dapat dimainkan. Hal tersebut yang membuat banyak gamers pecinta game rhythm tertarik dan akhirnya terpikat dengan game tersebut.

Nah, baiklah sekian tutorial bermain game osu ini, semoga artikel ini membantu kalian jika ingin bermain game ini.