Termux adalah aplikasi Android yang menyediakan lingkungan seperti Linux pada perangkat seluler Anda. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengakses terminal Linux yang lengkap langsung dari ponsel atau tablet mereka. Aplikasi ini populer di kalangan penggemar, pengembang, dan profesional keamanan siber.

Dengan Termux, Anda bisa menjalankan berbagai utilitas dan program baris perintah, seperti yang Anda lakukan pada distribusi Linux. Aplikasi ini menyediakan akses ke berbagai macam paket dan alat, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas-tugas seperti pengkodean, skrip, jaringan, dan administrasi sistem.

Salah satu fitur utama Termux adalah sistem manajemen paketnya. Pengguna dapat menginstal paket perangkat lunak tambahan melalui manajer paket apt, mirip dengan cara kerjanya pada sistem Linux berbasis Debian. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memperluas fungsionalitas Termux dan menyesuaikan lingkungan mereka agar sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka.

Termux juga mendukung penggunaan plugin dan pengaya, yang semakin meningkatkan kemampuannya. Pengguna bisa memasang paket tambahan untuk mengaktifkan fitur-fitur seperti Python, Ruby, Node.js, Git, dan masih banyak lagi. Fleksibilitas ini memungkinkan pengalaman yang sangat mudah disesuaikan dan beradaptasi.

Aplikasi ini juga mendukung akses ke fitur perangkat keras perangkat, termasuk kamera, sensor, dan penyimpanan. Ini berarti pengguna dapat menggunakan Termux untuk melakukan tugas-tugas seperti pengeditan gambar, analisis data, atau bahkan menjalankan server web langsung dari perangkat seluler mereka.

Selain itu, Termux mendukung koneksi secure shell (SSH), yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan mengelola sistem lain dari jarak jauh dari perangkat Android mereka. Hal ini menjadikannya alat yang ampuh bagi administrator sistem dan memungkinkan pemecahan masalah dan administrasi jarak jauh yang mulus.

Secara keseluruhan, Termux menawarkan lingkungan yang unik dan serbaguna bagi pengguna yang ingin memanfaatkan kekuatan Linux secara langsung dari perangkat Android mereka. Apakah Anda seorang pengembang yang mencari lingkungan pengkodean portabel, administrator jaringan yang membutuhkan kemampuan pemecahan masalah di mana saja, atau sekadar penggemar teknologi yang ingin menjelajahi dunia Linux, Termux adalah aplikasi berharga yang memberikan pengalaman kaya fitur.

Berikut Adalah Cara Merubah Tampilan Termux:

1. Cara Install myTermux:

Mempercantik Tampilan Termux
github.com/myTermux

 - Install myTermux melalui Terminal dengan menjalankan perintah
'git clone --depth=1 https://github.com/mayTermux/myTermux.git' .
  
 - Setelah proses instalasi selesai, silahkan masuk ke folder 'cd myTermux', lalu silahkan ketikan
'export COLUMNS LINES'
.

Variabel ini berfungsi agar script installer dapat membaca lebar kolom dan baris dari Aplikasi Termux sehingga nantinya sesuai dengan output pada saat proses instalasi.

Setelah itu kalian bisa jalankan dengan
./install.sh
untuk menjalankan script installer nya. 
   - Restart Termux untuk melihat perubahan tampilan.

2. Mengubah Tema dan Warna:  

myTermux
github.com/myTermux

chfont 
jalankan perintah ini unuk mengganti Fonts

Mempercantik Tampilan Termux
github.com/myTermux

chzsh
Jalankan perintah ini untuk mengganti tema Oh-my-Zsh

Mempercantik Tampilan Termux
github.com/myTermux

[NVIM TEXT Editor] jalankan dengan
nvim your-code.js

Mempercantik Tampilan Termux
github.com/myTermux

[NCMPCPP] - Music Player 

3. Menggunakan Custom Ascii Art:

myTermux

 - Apabila kalian ingin mengganti Tampilan Neofetch nya dengan custom ascii art kalian sendiri, kalian bisa edit di file
.autostart
   - Restart Termux untuk melihat perubahan tampilan custom ascii art kalian. 

#termux #scripttermux #termuxtools #toolstermux #termux-script