Cara Menjalankan Tor di Termux
Mengenal Tor, Tor atau Jaringan Tor (The Onion Router) adalah sebuah inovasi teknologi yang memungkinkan pengguna untuk menjelajah internet secara anonim. Tor Browser beroperasi pada jaringan Tor. Yaitu sebuah jaringan yang terdiri terdiri dari ribuan server yang dijalankan oleh relawan di seluruh dunia. Setiap kali Tor Browser membuat koneksi baru, ia memilih tiga relay Tor secara acak untuk terhubung ke internet. 

Setiap tahap dari koneksi ini melewati proses enkripsi, sehingga masing-masing relay itu sendiri juga tidak dapat mengetahui seluruh lintasan yang dilaluinya untuk mengirim dan menerima data.

Ketika Anda menggunakan Tor Browser untuk browsing, lalu lintas internet Anda akan terlihat berasal dari alamat IP yang berbeda, biasanya bahkan dari negara yang berbeda.

Hasilnya adalah situs web yang Anda kunjungi tidak akan mengetahui alamat IP sebenarnya komputer Anda, lebih lagi lalu lintas internet Anda tidak akan dapat diawasi oleh pihak ketiga yang mungkin saja mencoba mengawasi aktifitas online Anda. Yang mungkin bisa diketahui oleh pihak ketiga yang mengawasi, hanya bahwa Anda sedang menggunakan jaringan Tor.

Cara Menjalankan Tor di Termux
Ilustrasi Cara Kerja Jaringan Tor 

Namun perlu diingat bahwa Tor hanya melakukan enkripsi pada level komunikasi yang masuk dan melalui jaringannya saja, tidak sampai ke pihak situs web yang tidak mendukung saluran HTTPS.

Karena Tor mengenkripsi atau menyembunyikan koneksi antara Anda dengan situs web yang Anda kunjungi, Tor mampu membuat Anda menjelajah web secara anonim dan menghindari pelacakan oleh pihak ketiga. Dan karena anonimitas itu juga, Anda akan dapat melewati filter atau pemblokiran terhadap suatu konten website.

Cara Menjalankan Jaringan Tor Menggunakan Termux 

Cara menjalankan tor di termux sebenarnya cukup mudah sekali, kalian hanya perlu menginstall aplikasi Termux di Smartphone kalian. 
Selanjutnya kalian tinggal install package tor dengan mengetikan command:
$pkg install tor
Tunggu sampai proses instalasi selesai, jika sudah terinstall semua package tor di aplikasi Termux, cara menjalankannya cukup mudah. Kalian bisa mengetikan command:
$tor
Maka otomatis nantinya tor akan berjalan. Kekurangan tor yakni lemot, karena faktor tadi, lalu lintas jaringan kalian akan di enskripsi dan dikirimkan melalui banyak server secara acak, yang mengakibatkan jaringan terasa lemot.

Apa yang Dapat Diakses dengan Jaringan Tor

Jaringan Tersembunyi (Darknet): Penjelasan tentang bagian terdalam dari jaringan Tor yang dikenal sebagai Darknet, termasuk situs-situs web terkenal seperti Silk Road.

Mengakses Situs Biasa: Bagaimana jaringan Tor dapat digunakan untuk mengakses situs web biasa secara anonim.

Email Anonim: Cara mengatur layanan email anonim dengan bantuan jaringan Tor.

Mengakses Layanan Privasi: Penjelasan tentang layanan dan situs web yang menawarkan privasi ekstra, seperti Proyek Hidden Wiki.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan jaringan anonim tor ini, bahkan layanan tor ini bisa untuk mengakses situs Deepweb, seperti website yang berdomain .onion, atau semacamnya. Terlepas dari itu semua, pastikan selalu menjaga anonimitas saat menggunakan internet.