Cara Index Website Dengan Google Indexing Api
Cara Index Website Menggunakan Google Indexing Api Python, merupakan salah satu cara alternatif yang mudah di gunakan untuk melakukan Pengindeks.an Google, menggunakan cara ini juga lebih efektif terlebih lagi, script python ini langsung menggunakan Indexing Api. Jadi kemungkinan besar website atau blog kalian untuk di index akan lebih cepat.

Dengan penerapan Indexing API, setiap pemilik situs dapat langsung memberitahu Google saat halaman ditambahkan atau dihapus. Dengan cara ini, Google dapat merencanakan kapan halaman tersebut akan diindeks secara baru, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas lalu lintas pengguna.

Saat ini, Indexing API dapat digunakan khusus untuk mengindeks halaman-halaman yang memiliki tautan JobPosting atau BroadcastEvent yang tersemat dalam VideoObject. Bagi situs yang mengandung banyak halaman dengan masa berlaku terbatas seperti postingan lowongan atau siaran video langsung, Indexing API memastikan bahwa konten di hasil pencarian selalu terkini, karena memungkinkan informasi terbaru untuk disampaikan secara individual.

Inilah beberapa kemampuan yang dapat Anda lakukan dengan Indexing API:
  • Memperbarui URL: Beri tahu Google tentang URL baru yang perlu diindeks, atau beritahu bahwa konten di URL yang telah Anda kirimkan sebelumnya telah diperbarui.
  • Menghapus URL: Setelah Anda menghapus halaman dari server, beri tahu Google agar kami dapat menghapus halaman tersebut dari indeks dan tidak mencoba mengindeks URL tersebut lagi. 

Itulah beberapa manfaat bila kita menggunakan Indexing Api untuk mengindeks website kita. Bagaimana Cara Mengindeks Website Dengan Google Indexing Api ? caranya sebenarnya cukuplah mudah, karena kali ini kita menggunakan tools, tapi yang perlu kalian terapkan yakni membuat akun credentials.json. 

Cara Membuat Akun Credentials JSON untuk Gindex

Langkah pertama: silahkan kalian masuk ke Console Cloud Google, lalu kalian aktifkan Indexing Api. Dan setelah itu tinggal kalian buat project untuk indexing api kalian dengan URL:

Cara Index Website Dengan Google Indexing Api

Sebagai contoh disini saya membuat project dengan nama Tutorial Indexing Api, jika sudah kalian tinggal tekan Create. Lalu kalian masuk ke Menu Project yang sudah di buat tadi.

Cara Index Website Dengan Google Indexing Api

Langkah Kedua: Silahkan kalian buat service account, seperti gambar contoh untuk membuat akun service yang nantinya di isi di file credentials.json 
Cara Index Website Dengan Google Indexing Api

Untuk form service account details nya kalian bisa ikutin contoh gambar diatas. 
Cara Index Website Dengan Google Indexing Api

Langkah Ketiga: jika sudah membuat service account, kalian tinggal pencet email tersebut, yang akan membawa kalian ke menu di Keys
Cara Index Website Dengan Google Indexing Api

Langkah Keempat: Silahkan kalian pilih menu Keys > Add Key, lalu pilih yang JSON. maka otomatis nantinya key json kalian akan terdownload. Selanjutnya kalian tinggal ubah menggunakan Text Editor atau Notepad kalian. Dan masukan di file credentials.json

Cara Memverifikasi Account Service Di Search Console Webmaster Google 

Silahkan kalian pergi ke Search Console lalu kalian langsung ke menu setting, dan di menu setting ini silahkan kalian Tambahkan Pengguna.

Cara Index Website Dengan Google Indexing Api

silahkan kalian tambahkan pengguna dari CLIENT_EMAIL di service account json yang sudah di download tadi, kalian bisa mengeditnya dengan TextEditor atau NotePad. Lalu tekan Tambah. 

Cara Menggunakan Google Indexing Api Dengan Gindex Python di Termux 

Cara Index Website Dengan Google Indexing Api

Cara mengindex website dengan indexing api sebenarnya mudah karena kita menggunakan tools Gindex, Gindex sendiri merupakan script python yang dapat melakulan indexing website menggunakan api indexing google, disini kalian bisa mengirim url single, hapus url, dan juga mengirim bulk indexing dengan mengambil url dari sitemap.xml.

Disini pastikan kalian sudah menginstall package python dan Git di aplikasi termux kalian. apabila sudah kalian tinggal kloning repo. caranga dengan mengetikan command dibawah ini:

git clone https://github.com/DomathID/Gindex

Lalu buka direktori nya dengan mengetikan command ini:

cd Gindex

Selanjutnya sebelum menjalankan tools, kalian install terlebih dahulu library nya, dengan mengetikan command berikut:

pip install -r requirements.txt

Jika sudah selesai terinstall semua, silahkan kalian edit bagian file credentials.json dan isikan file nya dengan service acount json yang sudah di download tadi. 

Barulah kalian bisa jalankan toolsnya dengan mengetikan command berikut: 

python run.py

Nah itulah caranya mengindex website atau blog menggunakan google indexing api, dengan indexing api ini kalian bisa mengirimkan notifikasi ke googlebot tentang perubahan terbaru pada website kalian lebih cepat, dengan ini googlebot akan lebih cepat memproses crawling website kalian. 

Dan ingat iya, ini tidak mempengaruhi peringkat website kalian apabila kalian ingin website kalian berada di posisi SERP maka bangunlah konten berkualitas dan perbanyak backlink yang relevan dan berkualitas. Semoga Bermanfaat !