Cara Submit Peta Situs (Sitemap) Ke Google Search Console dengan Python. Di postingan atau artikel sebelumnya saya sudah membagikan cara mengindex website atau blog dengan Python menggunakan Google Indexing Api, dan untuk kesempatan kali ini, saya akan membagikan tutorial cara submit atau menambahkan peta situs (sitemap) menggunakan script Python juga. 

Buat kalian yang belum tahu caranya membuat file credentilas.json maka sebaiknya kalian membaca terlebih dahulu pada post cara mengindex website dengan Google Indexing Api, di artikel tersebut kalian bisa simak tutorialnya untuk membuat akun kredensial.json. Cukup sampai itu saja.

Tidak berbeda jauh dengan postingan atau artikel sebelumnya, di artikel kali ini kita memerlukan akun kredensial.json untuk memverifikasi situs atau blog kita. 

Cara Submit Peta Situs (Sitemap) di Google Search Console dengan Python

Saya harap disini kalian sudah paham dan sudah mempunyai file akun kredensial.json, maka yang perlu kalian lakukan adalah mengikuti langkah-langkah tutorial berikut ini. 

Pertama - tama, silahkan kalian melakukan aktivasi Google Search Console Api, api search console ini sangat diperlukan untuk mengirim atau menambahkan peta situs di google search console website kita. 

Jika kalian belum mengaktifkannya, maka silahkan kalian aktivasi terlebih dahulu. 
Sebagai contoh disini kalian sudah menginstall package python dan git di Termux kalian. maka langkah selanjutnya adalah melakukan cloning repository dari Github Sitemaper dengan mengetikan command: 
git clone  https://github.com/DomathID/Sitemaper
Jika prosess kloning repo sudah selesai, maka kalian tinggal masuk ke direktorinya dengan mengetikan command:
cd Sitemaper
Jika sudah berada di direktori Sitemaper, maka kalian perlu menginstall library yang ada di file requirements.txt caranya dengan mengetikan command:
pip install -r requirements.txt
Jika library nya sudah terinstall semua, maka kalian bisa jalankan scriptnya dengan mengetikan command:
python sitemap.py
Nah disini kalian bisa tambahkan Peta Situs (sitemap.xml/rss.xml/atom.xml) sesuai instruksi yang ada, pastikan kalian menambahkan alamat website lengkap.

Berikut hasil dan tampilan dari tools ini.


Hasilnya di Google Search Console



Nah itulah caranya submit peta situs atau sitemap ke google search console menggunakan python, dan menggunakan Google Search Console Api. Sedikit informasi tambahan jika kalian sudah menginstall library yang ada pada artikel sebelumnya. Maka kalian bisa langsung saja jalankan Tools ini. Semoga Bermanfaat.