Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan dokumen penting dalam proses pembelajaran di sekolah. Kurikulum Merdeka adalah konsep kurikulum baru yang diperkenalkan di Indonesia. Kurikulum Merdeka bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada guru dalam merancang pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa di wilayahnya masing-masing. Dengan Kurikulum Merdeka, guru diharapkan dapat lebih kreatif dalam menyusun RPP yang relevan dengan konteks lokal, minat, dan potensi siswa. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar serta kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Dalam menyusun RPP berbasis Kurikulum Merdeka, guru perlu memperhatikan beberapa hal penting seperti tujuan pembelajaran yang jelas, strategi pembelajaran yang menarik, serta penilaian yang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. Selain itu, kerjasama antar guru dan pihak sekolah juga menjadi kunci keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka. Dengan mengikuti prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka dalam penyusunan RPP, diharapkan pembelajaran di sekolah dapat lebih relevan, menyenangkan, dan bermakna bagi peserta didik.

Silahkan Download RPP Merdeka Kelas 2 SD untuk sekolah penggerak sesuai kurikulum 2022 model RPP Prototype Kurikulum merdeka belajar terbaru 2022 Lengkap RPP Merdeka Semester 1 dan semester 2 dengan komponen Tujuan Pembelajaran, Konsep Utama, Deskripsi Umum Pembelajaran, Materi Ajar, alat, dan bahan,Sarana Prasarana, Indikator Capaian Tujuan . 


Komponen RPP Merdeka Belajar SD Sekolah Penggerak Kurikulum Merdeka Belajar. Informasi Umum terdiri dari subkomponen: Identitas Modul, Kompetensi Awal, Profil Pelajar Pancasila, Sarana dan Prasarana, Target Peserta Didik dan model pembelajaran.