Cara Menjalankan localhost di Android menggunakan Termux adalah salah satu cara efisien untuk menjalankan server web secara lokal pada peranti Android Anda. Karena dengan aplikasi termux, kalian dapat menjalankan local server atau localhost dengan mudah. 

Termux sendiri ialah aplikasi terminal emulator dan Linux environment untuk Android yang tidak memerlukan rooting atau setup khusus. Sehingga aman apabila digunakan untuk ponsel yang tidak mempunyai akses root.

Cara Menjalankan Localhost di Android Dengan Termux

Cara menjalankan localhost dengan termux Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk memulai:

Pertama, install Termux dari Google Play Store atau F-Droid. Setelah terinstall, buka aplikasi Termux dan perbarui paket dengan mengetikkan perintah 
pkg update && pkg upgrade
. Ini akan memastikan bahwa semua paket yang ada di sistem Anda adalah versi terbaru.

Kedua, install Apache, PHP, dan MySQL (MariaDB) di Termux. Ini adalah komponen utama yang dibutuhkan untuk menjalankan server web. Anda dapat menginstallnya dengan mengetikkan perintah:
pkg install apache2
pkg install php
pkg install mariadb
Setelah instalasi selesai, Anda bisa menjalankan Apache dengan perintah 
php -S localhost:8080
untuk portnya sendiri bebas kalian mau pakai pprt berapa, dan sebagai contoh saja. Disini saya menggunakan port 8080, setelah server sudah berjalan. Kalian bisa akses dengan url di bawah ini
http://localhost:8080

Setelah itu kalian bisa menggunakannya untuk melakukan local development, kalian juga bisa menggunakan ngrok server apabila local server kalian ingin di bagikan ke rekan kalian, sehingga rekan kalian bisa mengaksesnya dengan url yang di forward dari localhost ke server ngrok.

Untuk mengaktifkan localhost dengan ngrok, kalian bisa membaca panduan Cara Menjalankan Ngrok Server di Termux, yang sudah pernah saya bahas di artikel sebelumnya.