OpenAI Luncurkan GPT-4o: AI Lebih Cepat dan Gratis? Berikut Kelebihannya!
OpenAI Meluncurkan Model GPT-4o: Peningkatan Kecepatan dan Kemampuan Multimodal. OpenAI secara resmi meluncurkan model baru dari GPT-4, yaitu GPT-4o, yang menawarkan peningkatan luar biasa dalam kecepatan dan kemampuan pengenalan teks, visi, serta audio.

Peluncuran GPT-4o Secara Gratis

Dalam pengumuman live streaming pada Senin malam, 13 Mei 2024, CTO OpenAI, Mira Murati, menyatakan bahwa GPT-4o tersedia secara gratis untuk semua pengguna OpenAI. Pengguna berbayar akan tetap memiliki batas kapasitas hingga lima kali lipat dari pengguna gratis.

Kemampuan Multimodal dan API yang Lebih Murah

GPT-4o adalah model multimodal, yang berarti mampu menghasilkan konten atau memahami perintah dalam suara, teks, atau gambar. CEO OpenAI, Sam Altman, menyebutkan bahwa pengembang dapat mengakses API dengan harga setengah lebih murah dan dua kali lebih cepat dari GPT-4 Turbo.

Fitur Mode Suara

Mode suara pada GPT-4o memungkinkan aplikasi ini berfungsi sebagai asisten suara seperti di film "Her". Aplikasi ini dapat merespons secara real time dan mengamati dunia di sekitar pengguna, meski masih terbatas pada satu perintah dalam satu waktu.

Kompetisi dengan Google dan Rencana Apple

Pengumuman GPT-4o ini datang sehari sebelum Google I/O, memperkuat persaingan di dunia AI. Google diperkirakan akan mengungkap sejumlah fitur baru di Gemini, model AI mereka.

Kolaborasi dengan Apple

Apple berencana membawa chatbot AI ChatGPT ke iPhone lewat pembaruan iOS 18. Berdasarkan laporan Bloomberg oleh Mark Gurman, Apple dan OpenAI sedang dalam pembicaraan intens untuk membawa teknologi chatbot AI ke produk Apple. Beberapa aplikasi iOS, seperti Safari dan Messages, mungkin akan dilengkapi dengan fitur AI generatif.

Masa Depan Siri dengan Teknologi AI

Apple juga berencana merombak besar-besaran asisten virtual mereka, Siri, yang akan tampil lebih pintar berkat teknologi AI dari OpenAI. Namun, belum jelas apakah OpenAI juga mengembangkan asisten digital yang terkait dengan pengembangan Siri.

Pembicaraan dengan Google

Selain OpenAI, Apple juga dikabarkan sedang berbicara dengan Google tentang menghadirkan fitur AI generatif Gemini ke iPhone. Informasi lebih lanjut tentang rencana AI Apple akan diumumkan pada 10 Juni 2024 di WWDC 2024.

Kesimpulan

Peluncuran GPT-4o menandai langkah besar dalam perkembangan teknologi AI. Dengan peningkatan kecepatan dan kemampuan multimodal, serta kolaborasi strategis dengan perusahaan besar seperti Apple, OpenAI memperkuat posisinya dalam persaingan teknologi AI global.