Cara Akses Folder File Android Data di Android 13 Tanpa Root
Cara Mengakses Folder Data dan Folder Obb di Android 13
0

Cara Akses Folder File Android Data di Android 13 Tanpa Root

Cara Mengakses Folder Data dan Folder Obb di Android 13

Cara Mengakses Folder Data di Android 13
Cara Mengakses File Data di Android 13: Panduan Lengkap. Android 13 membawa berbagai perubahan dan peningkatan pada sistem operasinya, termasuk peningkatan keamanan dan privasi. Salah satu perubahan signifikan yang diperkenalkan sejak Android 11 adalah penggunaan Storage Access Framework (SAF). Hal ini berdampak pada cara pengguna mengakses folder data di perangkat mereka. Artikel ini akan membahas secara rinci cara mengakses folder data di Android 13 dan memberikan panduan langkah demi langkah untuk membantu Anda menavigasi perubahan ini.

Mengapa Akses Folder Data Menjadi Lebih Sulit?

Sejak Android 11, Google memperkenalkan perubahan besar dalam cara aplikasi dan pengguna dapat mengakses penyimpanan perangkat. Perubahan ini dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan dan privasi dengan membatasi akses langsung ke file sistem dan folder data. Storage Access Framework (SAF) adalah salah satu alat utama yang diperkenalkan untuk mencapai tujuan ini. Dengan SAF, aplikasi harus meminta izin eksplisit dari pengguna sebelum dapat mengakses file tertentu, yang mengurangi risiko aplikasi jahat mengakses data sensitif tanpa sepengetahuan pengguna.

Storage Access Framework (SAF): Apa Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?

SAF adalah sistem yang memungkinkan aplikasi mengakses file dan folder tertentu dengan cara yang lebih aman. Ketika sebuah aplikasi ingin mengakses file, ia harus mengajukan permintaan ke pengguna melalui dialog izin. Pengguna kemudian dapat memilih file atau folder yang ingin diakses aplikasi tersebut. Ini memberikan kontrol lebih besar kepada pengguna atas data mereka dan mencegah akses yang tidak sah.

SAF mendukung berbagai jenis penyimpanan, termasuk penyimpanan internal perangkat, penyimpanan eksternal (seperti kartu SD), dan penyimpanan cloud. Ini berarti Anda dapat menggunakan SAF untuk mengakses file yang disimpan di berbagai lokasi, asalkan Anda memiliki izin yang diperlukan.

Langkah-langkah Mengakses Folder Data di Android 13

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk mengakses folder data di Android 13 menggunakan Storage Access Framework:

1. Menggunakan Aplikasi Pengelola File

Cara termudah untuk mengakses folder data di Android 13 adalah dengan menggunakan aplikasi pengelola file bawaan atau aplikasi pihak ketiga yang mendukung SAF. Berikut adalah langkah-langkahnya:

- Buka Aplikasi Pengelola File: Cari dan buka aplikasi pengelola file bawaan di perangkat Anda. Jika tidak ada, Anda dapat mengunduh aplikasi pengelola file dari Google Play Store yang mendukung SAF, seperti Files by Google.

- Navigasi ke Folder yang Diinginkan: Gunakan antarmuka aplikasi untuk menjelajahi penyimpanan perangkat Anda dan menemukan folder yang ingin Anda akses.

- Izinkan Akses: Jika aplikasi meminta izin untuk mengakses folder atau file tertentu, berikan izin yang diminta dengan mengklik "Allow" atau "Izinkan".

 2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Banyak aplikasi pihak ketiga yang dirancang untuk memberikan akses yang lebih mudah dan fleksibel ke penyimpanan perangkat Anda. Beberapa aplikasi populer yang mendukung SAF adalah:

- Solid Explorer: Aplikasi pengelola file yang kuat dengan antarmuka pengguna yang intuitif dan dukungan penuh untuk SAF.

- ES File Explorer: Aplikasi pengelola file populer yang menawarkan berbagai fitur termasuk akses root (untuk pengguna yang sudah di-root).

- Total Commander: Aplikasi pengelola file yang andal dengan dukungan plugin yang luas dan fitur-fitur canggih.

Untuk menggunakan aplikasi ini, unduh dan instal dari Google Play Store, lalu ikuti langkah-langkah yang diberikan oleh aplikasi untuk mengakses folder data yang Anda inginkan.

 3. Menggunakan USB dan Komputer

Metode lain untuk mengakses folder data di perangkat Android 13 adalah dengan menghubungkan perangkat ke komputer menggunakan kabel USB. Berikut adalah langkah-langkahnya:

- Hubungkan Perangkat ke Komputer: Gunakan kabel USB untuk menghubungkan perangkat Android Anda ke komputer.

- Pilih Mode Transfer File: Pada perangkat Android, pilih mode "Transfer File" atau "MTP" dari menu notifikasi.

- Akses Penyimpanan: Buka File Explorer (Windows) atau Finder (Mac) di komputer Anda, lalu navigasi ke perangkat Android Anda yang terhubung. Anda sekarang dapat mengakses dan memindahkan file antara perangkat dan komputer.

Tips dan Trik untuk Mengoptimalkan Penggunaan SAF

Untuk mendapatkan hasil terbaik saat menggunakan Storage Access Framework, berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat Anda terapkan:

- Selalu Periksa Izin: Pastikan aplikasi yang Anda gunakan memiliki izin yang diperlukan untuk mengakses file dan folder yang Anda butuhkan.

- Gunakan Aplikasi Terpercaya: Pilih aplikasi pengelola file dari pengembang yang terpercaya untuk menghindari risiko keamanan.

- Kelola Izin dengan Bijak: Setelah selesai menggunakan aplikasi tertentu, Anda dapat mencabut izin yang telah diberikan untuk menjaga keamanan data Anda.

- Perbarui Aplikasi Secara Berkala: Pastikan aplikasi pengelola file Anda selalu diperbarui ke versi terbaru untuk mendapatkan fitur terbaru dan peningkatan keamanan.

Mengakses folder data di Android 13 mungkin tampak lebih rumit dibandingkan versi Android sebelumnya, namun perubahan ini membawa manfaat besar dalam hal keamanan dan privasi. Dengan memahami cara kerja Storage Access Framework dan mengikuti panduan langkah demi langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah mengakses folder data yang Anda butuhkan. Selalu ingat untuk memeriksa izin yang diminta oleh aplikasi dan menggunakan aplikasi dari sumber yang terpercaya untuk menjaga keamanan data Anda.

Comments

Harap Tidak Menggunakan Link, Spam, Dan Malware

Contact Form