Cara Mengatasi Bot auto visitor atau jingling bot auto visitor atau jingling menjadi ancaman serius bagi pemilik situs web yang dapat merusak reputasi dan peringkat SEO. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi dampak dari jingling, cara kerjanya, dan strategi efektif untuk mengatasi masalah ini. 

Jingling merupakan program otomatis yang dirancang untuk meningkatkan kunjungan situs dengan cara yang tidak alami. Meskipun mungkin terlihat menggiurkan karena statistik kunjungan meningkat, sebenarnya dapat merugikan situs dengan merusak kualitas lalu lintas dan reputasi SEO.

Dan belum lama ini, saya mendapati seseorang yang "iseng" Melakukan jingling pada blog saya, entah merasa punya masalah apa, dan selama saya membangun blog ini. Baru kali ini saya mendapati kejadian seperti ini. 

Dan untuk mengatasi hal ini, saya tetap tenang. karena saya sudah lama mengenal soal Auto Visitor atau Jingling ini. Jadi saya tidak perlu merasa panik jika terjadi hal semacam ini. Dan buat temen-temen yang mungkin pernah atau bahkan sering mengalami kejadian seperti ini, kalian bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini untuk mencegah bot auto visitor/jingling di blog atau website kalian. 

Cara Mengatasi Bot Auto Visitor Atau Jingling di Blog Dan Website. 

Berikut ini merupakan beberapa cara mencegah agar blog kalian tidak terkena dampak dari bot jingling, simak tutorialnya di bawah ini:

1. Ubah Format Robots.txt 

Salah satu cara yang dapat mencegah bot auto visitor yakni dengan mengubah settingan robots.txt kalian. Biasanya robots.txt default seperti ini:
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow: 
User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Sitemap: https://www.yukinoshita.web.id/sitemap.xml

Kalian ubah bagian robots.txt nya menjadi seperti ini:
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: Googlebot
Allow: /

Disallow: /search
User-agent: *
Disallow: /

Sitemap: https://www.yukinoshita.web.id/sitemap.xml
Apabila kalian menggunakan blogger, untuk merubah settingan robots.txt kalian bisa masuk ke dashboard blogger kalian, lalu masuk ke bagian Setelan > Crawler dan pengindeksan > Lalu kalian aktifkan Robots.txt Kustom. Silahkan kalian ubah, dan jangan lupa untuk mengubah domainnya dengan domain milik kalian.

2. Menggunakan Script Anti Jingling 

Cara kedua untuk mencegah jingling, atau auto visitor blog dan website adalah dengan memasang script anti jingling, berikut scriptnya:
<script> var block = ['http://autovisitor.blogspot.com','http://sumberautovisitorbot.blogspot.com','http://auto-jingling.blogspot.com'];

for (var b = block.length; b–;) {

if (document.referrer.match (block [b]))

window.location = "http://google.com/";

}
</script>

Bagian URL nya silahkan kalian ubah dengan nama domain dari sumber jingling, misal: autovisitor.blogspot.com, jinglingvisitor.blogspot.com dan sebagainya. Untuk memasang script ini silahkan kalian ubah template blog atau website kalian di mode HTML, silahkan kalian pasang di bagian atas </head>

3. Cara Mencegah Serangan Auto visitor Blog Atau Jingling Dengan Cloudflare

Adapun cara yang lebih efektif yakni kalian harus menggunakan Cloudflare, dengan cloudflare ini kalian bisa membuat page rules yang mana bisa digunakan untuk melindungi blog atau website dari serangan DDOS, atau semacamnya. 

Kesimpulan 

Dalam artikel ini, kita memahami bahwa bot auto visitor atau jingling dapat menjadi ancaman serius bagi pemilik situs web, merusak reputasi dan peringkat SEO. Jingling, meskipun meningkatkan statistik kunjungan, sebenarnya merugikan situs dengan merusak kualitas lalu lintas dan reputasi SEO. Pengalaman penulis menemui serangan jingling pada blognya menyoroti pentingnya tetap tenang dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang efektif.

Beberapa strategi yang dijelaskan melibatkan perubahan pada file robots.txt, pemasangan script anti-jingling, dan penggunaan layanan Cloudflare untuk melindungi dari serangan DDoS. Kesimpulannya, pemilik situs dapat mengatasi ancaman ini dengan mengikuti langkah-langkah pencegahan yang disarankan, menjaga ketenangan saat menghadapi serangan, dan memanfaatkan alat keamanan seperti Cloudflare untuk melindungi situs web.