Cara Menghubungkan domain ke Cloudflare
Cara menghubungkan domain dari penyedia layanan domain ke Cloudflare merupakan salah satu cara tersendiri untuk mengatasi beberapa masalah yang hanya dapat di selesaikan dengan Cloudflare. Masalah - masalah yang sering muncul apabila kita tidak menggunakan Cloudflare yakni serangan DDoS, Auto Jingling, Dan Sebagainya. Cloudflare, Inc. Sendiri ialah perusahaan Amerika yang menyediakan layanan jaringan pengiriman konten , keamanan siber cloud, mitigasi DDoS , dan layanan pendaftaran domain terakreditasi ICANN. 

Kantor pusat Cloudflare berlokasi di San Francisco, California. Menurut The Hill , Cloudflare digunakan oleh lebih dari 20 persen Internet untuk layanan keamanan webnya pada tahun 2022. 

Bagaimana caranya menghubungkan domain kita ke Cloudflare ? caranya cukup mudah, adapun beberapa langkah yang perlu kalian perhatikan di bawah ini: 

Cara Pointing Dan Menghubungkan Domain ke Cloudflare

Registrasi Account Cloudflare

Pertama, apabila kita ingin menghubungkan domain ke cloudflare. kalian perlu melakukan registrasi dan pembuatan akun Cloudflare. Jika sudah memiliki akun Cloudflare, maka kalian bisa mengikuti langkah selanjutnya. 

Ubah Nameserver Domain ke Nameserver Cloudflare

Kedua, mari kita ubah nameserver domain kita menjadi nameserver cloudflare. 
Caranya:
- Masuk ke Client Area Penyedia Layanan Domain/Tempat kalian beli domain
- Masuk ke Bagian Nameserver 
- Ubah bagian nameserver pertama dan kedua, isi datanya dengan nameserver Cloudflare berikut ini
nameserver pertama : 
arch.ns.cloudflare.com
nameserver kedua :
rihana.ns.cloudflare.com
- Jika sudah kalian Simpan. 

Menambahkan Domain ke Cloudflare

Ketiga, jika sudah mengubah nameserver Domain. Maka selanjutnya ialah menambahkan domain situs kita di Cloudflare.

Cara Pointing Dan Menghubungkan domain ke Cloudflare


Silahkan kalian tambahkan nama domainnya, dengan Add Site, isi nama domain dengan nama domain website kalian. 

hubungkan domain ke cloudflare


Lalu kalian pilih bagian plan nya, di bagian plan ini silahkan kalian pilih yang Free alias gratis. maka selanjutnya ialah menunggu.

Cloudflare DNS

Silahkan kalian tunggu nameserver kalian terhubung ke Cloudflare. kalian bisa check update nameserver nya untuk mengecek apakah domain kalian sudah terhubung ke Cloudflare apa belum. 

Biasanya untuk domain terhubung ke Cloudflare memakan waktu, dan biasanya agak sedikit lama, jadi mohon bersabar selagi domain kalian belum terhubung ke Cloudflare. 

Dengan memakai layanan Cloudflare ini, kita dapat mengatasi serangan - serangan yang menargetkan domain website kita, seperti serangan DDoS, Bot, Ataupun serangan yang paling sering para blogger alami, yakni serangan Bot Visitor atau Jingling. Pada artikel sebelumnya saya juga sudah membagikan cara mengatasi serangan Auto Visitor Blog atau Jingling dan saya juga merekomendasikan menggunakan Cloudflare.