Cara Mengubah Tampilan Termux Agar Keren
Termux adalah aplikasi terminal emulator dan lingkungan Linux berbasis Debian untuk Android. Bagi banyak pengguna, Termux bukan hanya alat kerja, tetapi juga representasi visual dari pengetahuan teknis mereka. Meskipun fungsionalitas adalah yang utama, tampilan estetis juga memainkan peran penting dalam pengalaman pengguna. Artikel ini akan membahas cara mengubah tampilan Termux agar menjadi lebih menarik dan keren.

Mengapa Penting Mengubah Tampilan Termux?

Banyak pengguna Termux yang menghabiskan waktu berjam-jam bekerja dengan antarmuka terminal. Tampilan yang menarik tidak hanya meningkatkan motivasi tetapi juga memberikan kesan profesionalisme. Berikut adalah beberapa alasan mengapa tampilan Termux perlu diubah:

1. Personalisasi: Memberikan sentuhan pribadi pada alat yang digunakan sehari-hari.
2. Efisiensi: Warna dan tata letak yang baik dapat meningkatkan keterbacaan dan mengurangi kelelahan mata.
3. Prestise: Tampilan yang keren dapat 
meningkatkan rasa bangga dan kepercayaan diri pengguna.

Cara Mengubah Tampilan Termux Menjadi Keren

Cara Mengubah Tampilan Termux Agar Keren

Sebelum mulai mengubah tampilan, pastikan Termux sudah terpasang di perangkat Android Anda. Juga, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil untuk mengunduh paket-paket yang diperlukan.

Memperbarui dan Meng-upgrade Paket
Langkah pertama dalam memodifikasi tampilan adalah memastikan semua paket yang terpasang sudah diperbarui. Jalankan perintah berikut:
pkg update && pkg upgrade
Setelah package termux kalian sudah di update dan di upgrade, selanjutnya kalian bisa menginstall my Termux kalian bisa menginstall nya melalui artikel Cara Mengubah Tampilan Termux Android dengan MyTermux

Disini Sebagai contoh kalian sudah menginstall myTermux, maka selanjutnya kalian bisa ubah bagian neofetch nya dengan cara mengetikan command berikut ini. 
cd ~/.config/neofetch
Cara Mengubah Tampilan Termux Agar Keren

setelah kalian masuk ke direktori neofetch maka kalian tinggal ubah file config.conf  di bagian 
image_source="${XDG_CONFIG_HOME:-${HOME}/.config}/neofetch/yourascii.txt"
disini saya menggunakan direktori ~/.config/neofetch/yourascii.txt sebagai gambar neofetch di termux saya. 

Cara Mengubah Tampilan Termux Agar Keren

kalian bisa tambahkan file ascii nya di direktori yang sama di neofetch, tinggal kalian tambahkan file ascii.txt milik kalian. 

setelah itu agar tampilan utamanya selalu menampilkan gambar ascii custom milik kalian, kalian perlu ubah file .autostart di Termux kalian. silahkan kalian ubah neofetchnya seperti ini.

Cara Mengubah Tampilan Termux Agar Keren
neofetch --ascii  ~/.config/neofetch/s2.txt
Setelah itu kalian bisa simpan, maka setiap kali kalian membuka aplikasi Termux, maka akan menampilkan neofetch custom milik kalian sendiri, kalian juga bsa menggunakan ascii generator atau semacamnya untuk membuat gambar neofetch di Termux kalian.