Forwarding Localhost Menggunakan Serveo
Cara Menginstall serveo.net dan Port Forward Localhost ke Public Internet Menggunakan SSH Serveo.net Termux
0

Forwarding Localhost Menggunakan Serveo

Cara Menginstall serveo.net dan Port Forward Localhost ke Public Internet Menggunakan SSH Serveo.net Termux

Forward Localhost Menggunakan Serveo.net Termux
Serveo.net adalah salah satu layanan yang memungkinkan pengguna untuk membuat tunnel dari internet ke perangkat lokal (localhost) mereka. Bisa dibilang serveo ini mirip-mirip sama ngrok, cuman menurut saya sendiri serveo.net lebih mudah di praktek.an dan dijalankan di termux. Serveo.net ini juga bisa digunakan untuk port forward, jadi bisa juga untuk backconnect

Bila kalian belum tahu apa itu termux. Termux, merupakan sebuah emulator terminal untuk Android, memungkinkan pengguna menjalankan banyak perintah Linux di perangkat mereka, termasuk penggunaan Serveo.net. Artikel ini akan membahas langkah-langkah mendalam untuk menginstal dan menjalankan Serveo.net di Termux.

Apa Itu Serveo.net?

Serveo.net adalah layanan tunneling yang memungkinkan Anda untuk mengekspos server lokal Anda ke internet melalui SSH. Dengan menggunakan Serveo.net, Anda dapat membuat URL publik yang dapat diakses dari mana saja, mengarahkan lalu lintas internet ke server lokal di perangkat Anda. Ini sangat bermanfaat untuk pengembangan web, debugging, dan pengujian aplikasi yang memerlukan akses publik sementara.

Cara Menginstall Serveo.net dan Menjalankannya di Termux

Berikut tutorial cara install serveo.net di termux beserta cara menjalakan serveo.net dan melakukan port forwarding localhost dengan serveo.net.

1. Menginstal Termux

Pertama, buka Google Play Store dan cari aplikasi Termux. Instal aplikasi tersebut di perangkat Android Anda. Setelah instalasi selesai, buka aplikasi Termux dan Anda akan melihat terminal Linux.

2. Memperbarui dan Menginstal Paket-paket Diperlukan

Sebelum kita dapat menggunakan Serveo.net, kita perlu memastikan semua paket di Termux diperbarui dan menginstal paket SSH. Gunakan perintah berikut untuk memperbarui dan menginstal paket:

pkg update && pkg upgrade
pkg install openssh

Perintah pertama memperbarui daftar paket dan meng-upgrade paket-paket yang sudah diinstal. Perintah kedua menginstal OpenSSH, yang diperlukan untuk membuat koneksi ke Serveo.net.

3. Membuat Kunci SSH

Serveo.net menggunakan kunci SSH untuk otentikasi. Kita perlu membuat kunci SSH baru jika Anda belum memiliki kunci SSH. Gunakan perintah berikut untuk membuat kunci SSH:

ssh-keygen -t rsa -b 2048 -f ~/.ssh/id_rsa

Perintah ini akan membuat kunci SSH baru dengan panjang 2048 bit dan menyimpannya di direktori `~/.ssh/` di perangkat Anda.

4. Menghubungkan ke Serveo.net

Setelah kunci SSH dibuat, kita bisa menghubungkan perangkat kita ke Serveo.net. Gunakan perintah berikut:

ssh -R 80:localhost:8080 serveo.net

Perintah ini mengarahkan lalu lintas dari port 80 di Serveo.net ke port 8080 di perangkat lokal Anda. Anda akan menerima URL yang dapat Anda gunakan untuk mengakses server lokal Anda dari internet.

5. Menjalankan Server Lokal

Agar dapat menguji tunneling, kita perlu menjalankan server lokal. Jika Anda menggunakan Python, Anda dapat menjalankan server sederhana dengan perintah berikut:

python -m http.server 8080

Server ini akan berjalan di port 8080, sesuai dengan perintah tunneling yang kita gunakan sebelumnya.

6. Menguji Tunneling

Sekarang, buka browser dan masukkan URL yang diberikan oleh Serveo.net. Anda seharusnya dapat melihat server lokal Anda melalui internet. Jika Anda melihat halaman web yang Anda hosting, maka konfigurasi berhasil.

Tips dan Trik
- Keamanan: Pastikan untuk menjaga kunci SSH Anda tetap aman dan tidak membagikan URL Serveo.net Anda secara publik.
- Debugging: Jika Anda mengalami masalah dalam mengakses server lokal, periksa kembali konfigurasi port dan pastikan server lokal Anda berjalan dengan benar.
- Alternatif: Selain Serveo.net, Anda juga dapat mencoba layanan tunneling lain seperti Ngrok atau Localtunnel.

Kesimpulan

Serveo.net adalah alat yang sangat berguna untuk pengembang web yang ingin mengekspos server lokal mereka ke internet untuk tujuan pengujian dan debugging. Dengan bantuan Termux, Anda dapat dengan mudah mengatur dan menjalankan Serveo.net di perangkat Android Anda. Langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas akan membantu Anda memahami cara menginstal dan menggunakan Serveo.net di Termux dengan mudah.

Comments

Harap Tidak Menggunakan Link, Spam, Dan Malware

Contact Form