Wibu Bau Bawang, Mitos Atau Fakta ? Berikut Penjelesannya!

"Wibu Bau Bawang" Seringkali menjadi olokan bagi orang-orang yang menyukai budaya Jepang. Wibu sendiri merupakan kata serapan dari weeaboo yang dalam bahasa inggris berarti orang yang terobsesi dengan budaya jepang. Terutama anime dan manga.
Bahkan seorang wibu biasanya menganggap budaya jepang sebagai budaya yang lebih superior dibandingkan dengan budaya-nya sendiri.

Kata "Wibu Bau Bawang" sendiri awalnya di perkenalkan oleh Youtuber Ericko Lim pada saat dia melakukan kunjungan di salah satu event cosplay. Menurut ericko lim seorang wibu biasanya jarang mandi karena marathon anime sehingga dia seringkali melupakan waktu. Salah satunya yakni mandi wajib.

Hal inilah yang menyebabkan bau tak sedap muncul dari tubuh mereka, yang disebut Ericko Lim seperti bau bawang. Istilah ini pun menjadi lelucon bagi sebagian orang, karena hal ini memang benar adanya.

Selain jarang mandi, "Wibu Bau Bawang" juga dinilai terlalu fanatik sehingga seringkali melupakan kegiatan orang normal pada umumnya. Apa Sajakah ciri - ciri  wibu bau bawang ? Berikut cirinya !

1. Terobsesi dengan budaya jepang secara berlebihan

Wibu Bau Bawang, Mitos Atau Fakta ? Berikut Penjelesannya !

Para kaum wibu bau bawang biasanya mendewakan budaya jepang, sehingga sebagian orang menganggap kalo wibu ini melupakan budaya-nya sendiri. Tak hanya menikmati produk hiburannya, mereka juga mempelajari kehidupan orang-orang Jepang dan menirunya.

Mulai dari kebiasaan, pakaian, hingga bahasa yang digunakan sehari-hari, para wibu sebisa mungkin meniru orang-orang Jepang. Hal ini tentu saja kerap kali dipandang aneh oleh orang awam.

Namun, biasanya para wibu memiliki komunitas yang juga berperilaku sama. Dalam komunitas tersebut, perilaku mereka yang meniru orang Jepang tersebut tentu tidak dipandang aneh.

Acara yang mengusung tema budaya Jepang yang cukup populer di Indonesia adalah event cosplay.

Dalam acara ini, para anime lovers, otaku, dan wibu akan berdandan semirip mungkin dengan karakter anime favorit mereka.

Acara ini biasanya berbentuk festival dengan beragam kegiatan lain seperti penampilan tari dan musik, festival makanan, dan lainnya.

2. Menunjukkan Identitas sebagai Wibu di Media Sosial

Wibu Bau Bawang, Mitos Atau Fakta ? Berikut Penjelesannya !

Mereka sering membicarakan anime yang sedang tayang, manga yang baru terbit, dan menggunakan istilah-istilah bahasa Jepang, seperti ‘ohayo’, ‘sumimasen’, ‘gomen’, dan lain-lain. Salah satunya menulis artikel di blog atau forum website seperti yang admin lakukan.

3. Memiliki Pasangan Khayalan, Waifu atau Husbu

Wibu Bau Bawang, Mitos Atau Fakta ? Berikut Penjelesannya !

Salah satu istilah yang juga merujuk pada wibu yakni waifu dan husbu, Waifu adalah plesetan dari kata wife atau istri, dan husbu adalah plesetan dari kata husband atau suami.

Waifu dan husbu ini merupakan karakter perempuan atau laki-laki yang difavoritkan oleh seorang wibu, sampai dijadikan pasangan khayalan. Seorang wibu memperlakukan waifu atau husbunya seperti memperlakukan pasangan di dunia nyata. Namun, para wibu biasanya merepresentasikan kehadiran waifu atau husbu mereka dengan sekreatif mungkin.

Misalnya, dengan membeli macam-macam merchandise yang bergambar karakter waifu atau husbu mereka tersebut.

Bahkan, mereka juga mengedit foto mereka dengan waifu atau husbu mereka agar terlihat seakan-akan mereka sedang bersama.

Kesimpulan

Itulah beberapa fakta dan mitos mengenai para "Wibu Bau Bawang" yang mungkin akan menambah wawasan kalian tentang dunia animanga dan jejepangan, dan buat kalian yang mungkin sudah terlanjur menjadi seorang wibu. Ada baiknya kalian juga membatasi antara suka dengan fanatik ! karena menyukai sesuatu dengan berlebihan itu tidaklah baik.